,

Kemendes PDTT Survey Desa Wisata Meurandeh Aceh Tamiang

KUALA SIMPANG – Desa Meurandeh, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang akan dijadikan sebagai salah satu desa wisata di Aceh bagian timur tersebut. Tim dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) juga sudah melakukan survey ke desa pesisir itu pada Rabu, 14 Maret kemarin.

Ketua Relawan Beringin, Amriadi BA yang ikut mendampingin tim dari Kemendes PDTT ke desa Meurandeh, Jumat, 16 Maret 2018 menjelaskan, usulan menjadikan desa pesisir Meurandeh sebagai desa wisata telah diajukan beberapa waktu lalu. Tim dari Kemendes PDTT yang terdiri dari Jonathan Asian Tambunan dan Poltak Napitupulu sudah melakukan survey langsung ke desa Meurandeh.

“Ini juga berkat dukungan Pak H Firmandez di DPR RI yang terus mendorong agar Desa Meurandeh dijadikan salah satu desa wisata di Aceh Tamiang. Malah Pak H Firmandez di sela-sela resesnya pada Selasa, 16 Maret 2018 lalu langsung meninjau desa Meurandeh. Di sana kami sampaikan berbagai aspirasi, salah satunya termasuk soal menjadikan Meurandeh sebagai desa wisata,” jelas Amriadi.

Sementara itu anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez menjelaskan, ada beberapa lokasi wisata di Aceh Tamiang yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata baru, untuk peningkatan ekonomi daerah.

“Kita sambut baik Meurandeh dijadikan desa pariwisata, semoga setelah survey oleh tim Kemendes PDTT, desa Meurandeh bisa segera ditetapkan menjadi desa wisata. Dengan demikian, untuk membangun infrastruktur bisa menggunakan APBN melalui program Kemendes PDTT. Kita akan sama-sama perjuangkan itu,” tegas H Firmandez.

Ketua Departemen Lembaga Politik DPP Golkar ini melanjutkan, yang paling penting adalah membangun infrastruktur di desa Meurandeh, serta melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan ekonomi kreatif.

“Kita terus dorong itu, karena bagaimana pun masyarakat harus diberdayakan ekonominya. Harus ada kehadiran negara di sana, salah satunya melalui Kemenpar. Saya berharap desa wisata Meurandeh bisa segera terwujud. Dengan adanya destinasi wisata baru di Aceh Tamiang, masyarakat di sana tidak lagi harus berlibur ke luar daerah. Itu harus segera dibangun,” harap H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *