,

Kemenag Gelar Workshop Diseminasi Praktik Madrasah

BANDA ACEH – Kementerian Agama (Kemenag) bersama USAID Prioritas menggelar workshop perencanaan diseminasi praktik yang baik bagi Madrasah. Workshop digelar tiga hari, 24 hingga 26 Oktober 2016 di salah satu hotel dalam Kota Banda Aceh.

Kasubid Kelembagaan Direktorat Madrasah Kemenag Dr H Syafiuddin MA, menjelaskan Kemenag dan USAID Prioritas akan meningkatkan kapasitas ratusan madrasah melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM).

Untuk mendukung kegiatan itu, Kemenag menghibahkan dana untuk pelatihan guru madrasah di 9 kabupaten, yakni Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Utara dan Aceh Tamiang.

“Beberapa KKM akan mendapat dana hibah Rp 50 juta yang nanti akan kita tentukan bersama dengan USAID Prioritas berapa KKM yang akan dilatih di setiap provinsi. Saya tahu dan lihat sendiri program ini bagus untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar, tapi jangkauannya masih sangat terbatas. Kita harus bersama menyebarluaskan dan menjangkau madrasah-madrasah yang belum tersentuh program ini,” kata Syafiuddin.

Sementara itu, Direktur Program USAID Prioritas, Stuart Weston menjelaskan penerapan Metode Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh (Whole School Development) kepada sekolah/madrasah telah membawa perubahan positif yang signifikan terhadap kualitas pendidikan dan output sekolah.

“Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik.” Jelas Stuart.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *