,

Kemenag Diminta Selesaikan Embarkasi Haji Pariaman

PARIAMAN – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) diminta untuk segera menyelesaikan pembangunan embarkasi haji Sumatera Barat di Kabupaten Pariaman, untuk mendukung pelaksanaan keberangkatan jamaah haji dari tiga provinsi, Sumatera Barat, Jambi, dan Bengkulu.

Permintaan itu disampaikan anggota Komisi VIII DPR-RI, H Firmandez, Jumat, 22 April 2016 saat melaksanakan kunjungan kerja (kunker) spesifik ke lokasi pembangunan embarkasi haji tersebut.

Kunker spesifik itu dipimpin oleh H Deding Ishak dari Fraksi Golkar dan Leyda Hanifah dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS). Rombongan dari DPR-RI tersebut diterima langsung oleh Bupati Pariaman, H Ali Mukni. “Kunker spesifik ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi DPR-RI dalam rangka pengawasan dan anggaran,” jelas H Firmandez.

Firmandez melanjutkan, embarkasi haji Pariaman itu akan dibangun di lahan seluas 10 hektar. Lahan tersebut dihibahkan oleh Pemkab Pariaman kepada Kemenang pada tahun 2015 lalu. Untuk pembangunan awal pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 100 miliar. “Butuh dana sekitar Rp 1 triliun untuk menyelesaikan embarkasi haji ini,” lanjut Firmandez.

Politisi asal Aceh ini berharap, pemerintah pusat dalam hal ini Kemenag harus serius membantu dengan menyiapkan dana untuk penyelesaian pembangunan embarkasi haji Pariaman tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan Arzeti Bilbina dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB). Menurutnya, merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat, Bengkulu dan Jambi bila bisa melaksanakan ibadah haji dari daerah sendiri melalui embarkasi Pariaman.

“Ini juga kebanggaan bagi masyarakat Sumatera karena embarkasi Pariaman ini memiliki lahan lebih luas dibandingkan asrama haji Pondok Gede,” ujar politisi perempuan dari Dapil 1 Jawa Timur ini.[Isn]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *