,

Kelangkaan Semen Akibat Antrian Kapal di Teluk Bayur

TAPAKTUAN – Kelangkaan semen di Aceh Selatan ternyata diakibatkan oleh lamanya antrian kapal di Pelabuhan Teluk Bayur, Sumatera Barat. Hal itu sudah terjadi sejak awal Desember 2016.

Kepala Unit Pengelola Pelabuhan kelas III Tapaktuan, Selamat Riady, mengatakan selain itu disebabkan cuaca ekstrem sedang melanda perairan laut pulau Sumatera. “Lama antrian kapal semen disebabkan karena seluruh daerah di Indonesia membutuhkan pasokan semen,” ungkap Selamat Riady, Jumat, 16 Desember 2016.

Dampak dari kondisi tersebut, kata dia, pasokan semen ke Aceh Selatan sudah dua pekan putus setelah sebelumnya sempat masuk kapal pengangkut semen di Pelabuhan Tapaktuan pada awal Desember 2016.

Karena tidak ada kapal yang sandar di Pelabuhan Tapaktuan untuk membongkar semen, maka secara otomatis keberadaan semen khususnya merek Semen Padang di wilayah Aceh Selatan menjadi langka. Jikapun ketersediaan semen ada di beberapa toko bangunan, jumlahnya sangat terbatas dengan harga tembus Rp 70.000/sak karena semen dipasok dari luar Aceh Selatan.

Untuk menyiasati persoalan tersebut, Kepala UPP Tapaktuan, Selamat Riady mengaku telah melakukan berbagai upaya baik berkoordinasi dengan pihak distributor pemasok semen ke Aceh Selatan maupun berkoordinasi dengan pihak kapal pengangkut semen.

Namun sayangnya, hasil koordinasi yang telah dijalin sejauh ini belum membuahkan hasil maksimal karena masing-masing pihak mengaku kewalahan mendapatkan semen. “Menurut jadwal tanggal 20 Desember 2016 mendatang, akan ada satu kapal pengangkut semen dari Padang Sumatera Barat yang akan sandar di Pelabuhan Tapaktuan. Diperkirakan kapal tersebut akan mengangkut semen sebanyak 30.000 ton. Semoga dengan kehadiran kapal tersebut nantinya dapat memenuhi kebutuhan semen di wilayah Aceh Selatan,” pungkasnya.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *