,

Kejar Musim Tanam Cetak Sawah Baru Dipercepat

BLANGKEJEREN – Program cetak sawah baru di tiga kecamatan di Gayo Lues terus dipercepat. Hal itu dilakukan untuk menyesuaian musim tanam dengan iklim di dataran tinggi tersebut.
TNI dari Kodim 0113/GL bersama Dinas Pertanian setempat menargetkan musim hujan nanti semua sawah hasil cetak baru bisa ditanami.

“Data terakhir yang kami terima terkait perkembangan perluasan areal sawah Gayo Lues sangat mengembirakan, karena sudah hampir setengah yang siap, sedangkan sisanya sedang dikerjakan, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah siap semuanya,” jelas Kadis Pertanian Gayo Lues, Noval.

Menurut Nova, cetakan sawah baru menggunakan alat berat untuk membersihkan semak belukar, setelah itu baru dimasukan mesin cangkul jenis jonder untuk mengolah, setelah itu baru di bangun parit-parit dan batas sawah warga.

“Saat ini pengerjaanya masih fokus dilakukan di daerah Tripe Jaya, tetapi bukan berarti di kecamatan lainya tidak dikerjakan, semuanya dikerjakan dengan cara bertahap, sehingga setelah selesai satu lokasi pindah ke lokasi lainya,” jelasnya.

Untuk mempercepat proses penanaman, dinas pertanian menyiapkan benih padi unggul beserta pupuk untuk dibagikan kepada masyarakat pemilik lahan perluasan areal sawah tersebut. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *