Kedah Wisata Hutan Leuser Yang Mendunia

0
78

Alam yang indah disertai beragam flora dan fauna di dalamnya, menjadi salah satu daya tarik bagi turis mancanegara ke Kedah kawasan di kaki gunung Leuser, ditambah lagi warganya yang ramah dan lancar berbahasa Inggris menjadikan Kedah Kecamatan Blangjeranggo, Kabupaten Gayo Lues menjadi tempat wisatawan yang banyak dilirik.

Kedah merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Gayo Lues dengan jarak belasan kilometer dari pusat kabupaten, selain banyak warga lokal yang memanjakan diri di kaki hutan Leuser itu, Kedah juga merupakan salah satu jalur untuk menuju kepuncak hutan Leuser.

Di hutan Leuser itu, para pencinta alam bisa menikmati bermacam hewan langka yang jarang terlihat di daerah lain, seperti orang hutan, bermacam jenis burung, ayam hutan, hingga banyak bunga yang tidak tumbuh di hutan lain ada di hutan Leuser.

Turis atau pengunjung yang hendak menuju puncak Leuser tidak perlu khawatir dengan orang yang mengantarkan ke puncak, warga Kedah banyak yang berpengalaman dan sudah berulang kali mengantarkan turis dan mahasiswa yang melakukan penelitian ke puncak Leuser.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin, Selasa, 8 Januari 2019 mengatakan, tahun 2018 ada turis mancanegara dan mahasiswa yang mendaki ke puncak Leuser, bahkan seorang pendaki masih belum puas sebelum bisa sampai ke puncak Leuser.

“Kita terus membuka peluang kepada setiap turis mancanegara maupun wisatawan lokal, siapapun yang hendak menuju puncak leuser tetap kita dukung, asalkan ada warga lokal yang mengantarkannya ke puncak,” katanya.

Di lokasi wisata Kedah para pengunjung yang datang dari luar daerah maupun dari luar negeri tidak perlu khawatir dengan fasilitas penginapan dan makanan, tepat di bawah kaki hutan Leuser itu, warga sudah menyiapkan tempat tinggal dan makanan, tergantung selera pengunjung.

“Untuk penginapan, pengunjung bisa berkemah dan bisa juga menyewa rumah warga di sana, seperti rumah Mr Jali dan warga lainya, rumah kosong itu memang khusus dibuat oleh mereka untuk para tamu, yang penting sopan dan tidak berbuat yang dilarang agama dan peraturan,” jelasnya.
Untuk mendukung tempat wisata Kedah, Dinas Pariwisata Gayo Lues juga sudah membangun menara pandang guna menarik perhatian pengunjung, dari atas menara itu, para pengunjung bisa melihat hutan kaki Leuser beserta flora dan faunanya.

“Kami menghimbau agar wisatawan yang datang ke Gayo Lues jangan lupa mampir ke objek Wisata Kedah, Kolam Biru Tripe Jaya, Kala Pinang, Genting, Air Panas, dan wisata Agusen, semua kekayaan alam itu kami yakin bisa memuaskan pengunjung yang datang dari jauh,” ujarnya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here