,

Kebun Serai Wangi Jabo Terbakar

BLANGKEJEREN – Puluhan hektar kebun serai wangi milik warga di kawasan Jabo, Blangkejeren, Gayo Lues terbakar. Api yang diduga berasal dari semak-semak cepat membesar dan menjalar ke kebun warga.

Ali, salah seorang petani yang kebunnya terbakar, Sabtu, 19 Maret 2016 mengungkapkan, api membesar karena tidak adanya pemadam kebakaran. Warga mengupayakan memadamkan api dengan cara memukulkan dengan dahan dan ranting basah namun tidak berhasil.

“Karena angin sangat kencang, apinya membumbung tingi, jadi tidak bisa dipadamkan lagi, sedangkan sumber air tidak ada dilokasi kebakaran, jadinya pemilik kebun seraire hanya bisa pasrah,” ujarnya dengan nada datar.

Ali sendiri mengaku kebunnya seluas satu hektar juga terbakar, padahal baru setengah serai wangi yang dipanennya. “Api dari kebun sebelah cepat menjalar ke kebun saya, sehingga saya. Padahal kebun ini satu satunya harapan saya untuk membiayai kuliah anak saya di Banda Aceh. Saya baru dapat 20 kilogram minyak dari kebun itu,” lanjutnya.

Akibat kebakaran tersebut, kerugian yang dialami perani serai wangi mencapai puluhan juta rupiah. Selama ini kata Ali, setiap kali panen ia bisa menghasilkan lebih 100 kilogram minyak serai yang dijualnya dengan harga Rp 150 ribu per kilogram. “Kini hanya satu tumpuk serai lagi yang tersisa, itupun tinggal sedikit karena sedang dipanen,” ujarnya.

Ali berharap pemerintah setempat meninjua lokasi kebakaran tersebut, serta member bantuan masa panic untuk para petani, karena rata-rata petani serai merupakan masyarakat kurang mampu. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *