,

Kasus Pengrusakan APK Mualem dan Irwandi Dihentikan

TAPAKTUAN – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan menghentikan pengusutan kasus dugaan pengrusakan dan pembakaran Alat Peraga Kampanye (APK) yang dilaporkan oleh tim sukses Muzakir Manaf – TA Khalid dan Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah, Kamis, 12 Januari 2017 lalu.

Ketua Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslih Aceh Selatan, Gunawan Syam SH di Tapaktuan, Senin, 6 Februari 2017 menjelaskan, kedua kelompok pendukung saling melapor setelah terjadinya bentrokan dan pembakaran APK.

“Benar, kasus saling lapor dugaan perusakan alat peraga kampanye oleh kubu tim pemenangan Muzakir Manaf dan tim pemenangan Irwandi Yusuf tersebut sudah kita hentikan,” tegasnya.

Keputusan tersebut diambil Panwasli setelah menggelar rapat pleno pada 20 Januari 2017 lalu. Dalam pleno tersebut seluruh komisioner Panwaslih sepakat bahwa kasus tersebut dihentikan dan tidak dilanjutkan ke pihak Gakkumdu.

Menurut Gunawan, keputusan itu diambil karena berdasarkan hasil klarifikasi dan pengumpulan keterangan serta barang bukti, ternyata tidak memenuhi syarat formil dan materil.

“Beberapa syarat yang tidak terpenuhi tersebut diantaranya adalah alat bukti tidak lengkap, terlapor ada yang tidak mengakui, nama dan alamat serta uraian kejadian ada yang tidak jelas termasuk alat peraga kampanye yang dirusak berada di luar wilayah yang ditetapkan oleh KIP,” ungkap Gunawan Syam.

Agar bentrokan tidak kembali teruang, Panwaslih Aceh Selatan telah mengupayakan digelar perdamaian. Namun sejauh ini, rencana tersebut belum terlaksana karena para pihak meminta agar upaya perdamaian tersebut langsung difasilitasi pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Selatan. [Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *