,

Kapolri Diminta Bijaksana Soal Penegakan Syariat Islam di Aceh

BANDA ACEH – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) diminta untuk bijaksana terhadap penegakan syariat Islam di Aceh. Permintaan itu disampaikan Komando Aneuk Muda Alam Peudeung (Komandan) Al Asyi, Jumat, 2 Februari 2018 di Banda Aceh.

Pang Ulee Komandan Al Asy, Tuwanku Warol Walidin menjelaskan, permintaan itu disampaikan pemanggilan pemeriksaan oleh Propam Polda Aceh terhadap Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji atas tindakannya melakukan penindakan terhadap kelompok lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) melalui penertiban salon-salon waria di Aceh Utara.

“Pemeriksaan Untung Sangaji merupakan suatu tindakan yang tidak seharusnya dilakukan. Seharusnya pihak Polda Aceh dan Mabes Polri mendukung 100 % sikap yang dilakukan oleh AKBP Untung Sangaji, karena dengan wewenang dan kekuasaannya berusaha menegakkan hukum yang sepatutnya dilakukan di wilayah syariat Islam tersebut. Ini amalan yang tidak semua orang mampu lakukan tanpa kekuasaan, bukan sebaliknya mencurigai dan memojokkan beliau sebagaimana diberitakan di media massa,” ujar Tuwanku Warul Waliddin.

Selain itu kata Tuwanku Warul Walidin, keistimewaan Aceh dalam penegakan syariat Islam jangan lagi dicurigai sebagai suatu ancaman bagi pemerintah Pusat dalam hal ini Mabes Polri, seharusnya Kapolri menjunjung tinggi dan menghormati kondisi ini, bukan memerintahkan Kapolda melalui Propam untuk memeriksa AKBP Untung Sangaji.

“Yang seharusnya diperiksa adalah para waria-waria dan kelompok LGBT yang sudah mewabah di Aceh, dimana pada hari ini generasi Aceh yang sudah dikenal sejak zaman kesultanan adalah adalah generasi yang gagah perkasa. Perempuan Aceh saja gagah perkasa seperti Laksamana Malahayati dan Cut Nyak Dhien, apalagi lelakinya, jadi sikap Pak Untung untuk mengembalikan kodrat para waria ke identitas asalnya sebagai lelaki adalah sudah tepat,” jelas Tuwanku Warul Walidin.

Kerana itu, Komandan Al Asyi mengimbau menghimbau kepada pemuda Aceh yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar untuk sama-sama ikut meramaikan aksi bela AKBP Untung Sangaji yang akan dilakukan oleh Persatuan Ormas dan OKP di halaman Mesjid Raya Baiturrahaman ba’da shalat Jumat, 2 Februari 2018.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *