,

Kampung Siaga Bencana Aceh Timur Dikukuhkan

IDI – Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mengukuhkan Kampung Siaga Bencana (KSB), di Desa Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Kamis 26 Juli 2018.

Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin H.M. Thaib, SH dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi Pembangunan Usman A. Rachman, SH, SP mengatakan sangat mengapresiasi kepada segenap perserta tim Kampung Siaga Bencana (KSB).

Ia berharap dalam melaksanakan penanggulangan bencana daerah, adanya koordinasi dan kerja sama yang terintegrasi dengan berbagai pihak. Di samping itu, kompleksitas masalah yang diakibatkan oleh bencana tidak bisa dipandang dari satu sektor tertentu saja, melainkan secara menyeluruh.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur, Elfiandi mengungkapkan, kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat tentang kerawanan dan ancaman bencana. Serta juga membentuk jejaring kerja berkaitan dengan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat, mengorganisir potensi masyarakat agar terlatih dalam kesiapasiagaan menanggulangi bencana.

Selain itu juga memberikan kepastian dan kesinambungan terhadap proses kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat dan memperkuat hubungan sosial antar anggota masyarakat serta mengoptimalkan potensi dan sumber daya untuk penanggulangan bencana.

Kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 24-25 dan 26 Juli 2018 di Desa Pante Bidari, Kecamatan Pante Bidari. Adapun jumlah pesrta sebanyak 60 orang yang berasal dari desa-desa yang ada di Kecamatan Pante Bidari. Peserta kegiatan tersebut merupakan para kepala desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, tokoh pemuda, ibu-ibu, tim kesehatan dan masyarakat umum lainnya.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *