,

Kampanye Pemilu Akan Dimulai 23 September 2018

BANDA ACEH – Sesuai jadwal, kampanye Pemilu akan dimulai pada 23 September 2019. Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh juga sudah melakukan rapat teknis persiapan dan sosialisasi teknis kampanye kepada partai politik (Parpol) dan bakan calon (bacalon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Akmal Abzal, komisioner  KIP Aceh yang memimpin divisi kampanye dalam presentasinya menyampaikan materi kampanye berdasarkan PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

Sosialisasi juga membicarakan agenda deklarasi kampanye pemilu damai yang akan digelar KIP Aceh pada 23 September 2018. Masa kampanye dimulai setelah KIP Aceh melaksanakan Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 20 September 2018.

“Tiga hari setelah ditetapkan, calon DPR dan DPD mulai kampanye,” sebut Akmal.

Petunjuk teknis pelaporan dana kampanye dan pengenalan aplikasi pelaporan dana kampanye juga menjadi bagian dari materi sosialisasi dan disampaikan oleh Tharmizi, Wakil Ketua KIP Aceh. KIP Aceh juga memberikan materi terkait alur kerja dan simulasi aplikasi dana kampanye kepada operator partai politik dan operator DPD

Sebelumnya KIP Aceh juga Rapat Kerja Teknis Persiapan Pelaksanaan Kampanye Pemilu 2019 di Aula KIP Aceh, Selasa 11 September 2018. Rapat dihadiri oleh para komisioner KIP Kabupaten/Kota seluruh Aceh. “Untuk menyamakan persepsi terkait PKPU 23 Tahun 2018 tentang kampanye Pemilu 2019,” kata Akmal Abzal, Komisioner KIP Aceh.

Menurut Akmal, PKPU tersebut perlu dilihat secara rinci, agar dapat kampanye yang digelar nantinya untuk Pemilu Presiden, Legislatif maupun DPD dapat berjalan dengan lancar dan baik. PKPU juga mengatur agar KPU maupun KIP dapat beraudensi dengan para pihak, seperti pemerintah daerah maupun lembaga penyiaran.
Sesuai jadwal, tahapan kampanya akan dimulai pada 23 September 2018 dan berakhir pada 13 April 2019, atau empat hari sebelum digelarnya Pemilu 2019 serentak di seluruh Indonesia. “Semoga tidak ada kendala dalam tahapan kampanye, agar semuanya bisa sukses,” harap Akmal.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *