,

Kakanmenag Minta Warga Tidak Nikahkan Anak di Bawah Umur

BLANGKEJEREN – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Gayo Lues, Drs Hasan Basri melarang masyarakat di negeri seribu bukit tersebut menikahkan anak di bawah umur. Diakuinya, selama ini masih anak pernikahan anak-anak di bawah umur di desa-desa.

“Berdasarkan Undang-Undang Perkawinan nomor Satu Tahun 74, orang yang menikahkan anak dibawah umur diancam dengan kurungan dan denda. “Kita selalu menghimbau kepada masyarakat Gayo Lues agar jangan menikahkan anak dibawah umur, jikapun harus menikahkan anak harus melapor terlebih dahulu ke Mahkamah Syariah,” katanya.

Bagi lelaki, umur 19 tahun sudah boleh menikah, dengan catatan harus mendapat persetujuan dari wali sampai umur 21 tahun, jika umur di bawah 21 tahun hendak dinikahkan harus mendapat surat persetujuan dari Mahkamah Syariah.

Sedangkan umur wanita yang boleh menikah adalah 16 tahun, pada umur ini wanita tersebut harus mendapatkan surat persetujuan dari wali sampai umur 18 tahun, setelah umur di atas 18 dibolehkan tanpa persetujuan wali, dan bila menikah di bawah umur 16 tahun harus mendapat persetujuan dari Mahkamah Syriah.

“Biaya menikah di kantor KUA sekarang ini gratis, terkecuali menikah di tempat yang dikehendaki oleh pengantin, itu ada biayanya Rp 600 ribu, dan berdasarkan catatan kami dari seluruh kecamatan, belum ada satu anak di .

Ia melanjutkan, menikah di bawah tangan sangat merugikan wanita, sebab jika ada permasalahan di kemudian hari tidak bisa menuntut secara hukum, seperti tidak bisa menggugat harta suami saat bercerai dan sebagainya. Berdasarkan catatan, jumlah pengantin yang menikah di Kabupaten Gayo Lues hanya berkisar 90 pasangan hingga 100 pasangan setiap bulannya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *