,

Kajari Tapaktuan Resmikan Kantin Kejujuran

TAPAKTUAN – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tapaktuan, Munif SH,MH meresmikan kantin kejujuran “Allah Melihat Malaikat Mencatat” di SMPN 1 Tapaktuan, Jumat, 11 Agustus 2017.

Munif menjelaskan, pembukaan kantin kejujuran tersebut merupakan tindaklanjut dari implementasi pemberantasan tindak pidana korupsi sejak dini dalam rangka penyuluhan dan penerangan hukum program pembinaan masyarakat taat hukum (Binmatkum) melalui gerakan langsung anti korupsi sejak dini (Galaksi). “Ini untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki kesadaran dan budaya taat hukum sejak dini,” jelasnya.

Di kantin kejujuran pembeli harus melayani diri sendiri baik dalam memilih barang yang hendak dibeli, menghitung sendiri jumlah pembelian, memasukkan sendiri uangnya dalam tempat penyimpanan uang yang telah disediakan, mengambil sendiri uang kembalian dan menulis sendiri dalam buku jurnal.

“Sistem pembelian barang seperti ini jelas-jelas harus tertanam jiwa dan sikap jujur pada diri seseorang. Sebagai generasi penerus bangsa yang nantinya akan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat, kita semua berkewajiban mendidik para siswa – siswi di sekolah sejak dini,” tegas Munif.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Tapaktuan Kusmaniar mengucapkan terimakasih serta menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kajari Aceh Selatan yang telah menjadi inisiator terbentuknya kantin kejujuran di sekolah mereka.

“Kantin Kejujuran SMPN 1 Tapaktuan ini merupakan kantin kejujuran yang pertama di Aceh Selatan sehingga diharapkan dapat menjadi pilot project terhadap sekolah – sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Aceh Selatan,” pinta Kusmaniar.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *