,

KADIN Aceh Jajaki Kerja Sama dengan Turki

BANDA ACEH – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh menjajaki kerja dengan Turki dalam berbagai sektor. Turki akan menggelontorkan investasinya di Aceh, terutama di bidang perdagangan, energi, dan pariwisata.

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, Fariz Reza Firmandez, Rabu, 21 Juni 2017 menjelaskan, Duta Besar Turki untuk Indonesia, Kadri Sander Gürbüz telah berkunjung ke Kantor KADIN Aceh sehari sebelumnya.

Dalam pertemuan penuh keakraban tersebut, jelas Fariz Reza Firmandez, Turki tertarik pada komoditas kopi Aceh, pengembangan pariwisata, hingga kerja sama bidang energi dan infrastruktur, serta investasi di bidang energi panas bumi.

“Intinya Dubes Turki menyatakan tertarik untuk membangun berbagai kerja sama, karena Aceh punya nilai plus sejarah dengan Turki. Hubungan diplomasi Aceh dengan sudah terjalin sejak masa Kerajaan Aceh dan Kalifat Utsmaniah (Otoman). Jadi kerja sama yang akan dilakukan nanti merupakan upaya untuk mengungatkan kembali hubungan masa lalu itu,” jelas Faris Reza Firmandez.

Fariz Reza Firmandez mengajak para pengusaha di Aceh, serta pengusaha Aceh yang berada di luar Aceh, untuk mengambil peluang ini. “Turki siap berinvestasi dalam berbagai bidang, jadi para pengusaha Aceh harus memanfaatan peluang ini,” ajaknya.

Selain itu lanjut Fariz Reza Firmandez, di bidang pembangunan inprastruktur, Turki juga siap bekerja sama. Hal ini sangat memungkinkan karena perusahaan kontruksi Turki terkenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

“Jadi kita harus memaksimalkan peluang yang ditawarkan Turki ini. Pembicaraan-pembicaraan lanjutan akan kita lakukan secara intens untuk mewujudkan kerja sama di berbagai bidang nantinya,” pungkas Fariz Reza Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *