,

KADIN Aceh Dukung Kebijakan Potong Pajak Investor

BANDA ACEH – Untuk mempercepat dan mempermudah investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun dan berbagai sektor pembangunan di Aceh, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh mendukung wacana Pemerintah Aceh tentang pemotongan 60 persen pajak bagi investor.

Ketua Umum KADIN Aceh, H Firmandez mengatakan, untuk merealisasikan wacana tersebut, Pemerintah Aceh bersama Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) harus menyiapkan regulasi khusus.

“Sekarang kan rancangan qanun tentang itu sedang digodok di DPRA, kita berharap ini bisa segera disahkan menjadi peraturan daerah (qanun), agar dengan adanya kemudahan dan keringan pajak tersebut, kran investasi ke KEK dan ke sektor-sektor lainnya di Aceh bisa lebih terbuka sehingga para investor jadi lebih tertarik berinvestasi di Aceh,” ujar H Firmandez, Kamis, 27 September 2018.

H Firmandez melanjutkan, paradigma lama membangun daerah dengan mengandalkan APBA dan dana transfer dari pusat (APBN) sudah seharusnya ditinggalkan, karena anggaran pemerintah ada batasnya. “Solusi anggaran masa depan adalah investasi,” jelas H Firmandez.

Namun kata H Firmandez, pemberian insentif keringanan pajak bagi investor tersebut harus diatur secara cermat dalam qanun agar lebih konkrit dan tidak menimbulkan keraguan bagi para investor, serta adanya jaminan hukum terhadap investasi.

“Jadi bukan hanya pajaknya yang dikurangi, tapi ada hal-hal administratif lain yang harus juga dipermudah, misalnya soal percepatan izin dan lain sebagainya. Intinya harus lebih mudah dari daerah lain, sehingga ada kenyamanan bagi investor untuk berinvestasi di sini,” lanjutnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *