,

KADIN Aceh Dorong UMKM Buka Akses Pasar Global

BANDA ACEH – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk tidak hanya di pasar lokal, tapi juga membuka akses ke pasar global.

Ketua Umum KADIN Aceh, H Firmandez menegaskan, sudah saatnya para pelaku UMKM di Aceh berpikir jangka panjang, tidak hanya berkutat di daerah saja, tapi ikut serta mempromosikan produknya dalam berbagai even nasional dan internasional.

“Di Kota Banda Aceh saja setiap desa ada produk unggulan yang dikenal dengan sebutan one village one product. Berdasarkan data Pemko Banda Aceh di Banda Aceh saja ada 11.605 pelaku usaha dengan 578 produk unggulan. Jadi, saya rasa sudah saatnya membuka akses ke pasar luar negeri,” harap H Firmandez, Sabtu, 21 Juli 2018.

Koordinator Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI ini melanjutkan, KADIN Aceh siap menghubungkan pelaku UMKM di Aceh dengan eksportir sehingga produk-produk unggulan dari UMKM di Aceh bisa dijual di pasar luar negeri.

H Firmandez melanjutkan, Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota di Aceh juga harus mendorong perluasan akses pasar bagi produk UMKM kreatif. Pasalnya, pangsa produk UMKM dan ekonomi kreatif masih memiliki peluang di luar negeri, apa lagi untuk produk-produk khusus yang spesial asli suatu daerah.

“Selama ini kan sudah banyak produk unggulan dari Aceh yang diikutsertakan pada pameran di tingkat nasional dan event-event internasional. Sekarang harus kita tingkatkan lagi, bagaimana caranya pelaku UMKM di Aceh bisa mengakses pasar global,” tegas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *