,

Kabel PLN Disambar Petir, Boat Nelayan Terbakar

TAPAKTUAN – Boat KM. Nelayan 2017 milik Nurdin yang ditambat di TPI Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan hangus terbakar pada Kamis sore, 29 November 2018 sekitar pukul 19.20 WIB.

Percikan api yang membakar boat nelayan bantuan dari Dinas Perikanan Aceh tersebut berasal dari kabel listrik PLN yang putus setelah disambar petir. Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi secara tiba-tiba itu. Namun akibat kejadian itu, sebagian body boat khususnya bagian atas hangus terbakar sehingga boat itu untuk sementara waktu tak bisa dipergunakan lagi mencari ikan dilaut.

Camat Bakongan, Isa Ansari, Jumat, 30 November 2018 membenarkan satu unit boat nelayan setempat hangus terbakar akibat terkena kabel PLN yang putus disambar petir. “Body boat bantuan dari Dinas Perikanan Aceh yang dikelola oleh salah seorang nelayan Bakongan tersebut masih beruntung tidak hangus seluruhnya. Karena kobaran api cepat dipadamkan oleh para nelayan dibantu warga sekitar,” ujarnya.

Isa Ansari menjelaskan, saat wilayah itu diguyur hujan, tiba-tiba terjadi petir menyambar pohon cemara hingga hangus. Saat bersamaan, petir juga menyambar kabel listrik PLN hingga putus. Kabel listrik PLN yang putus mengenai boat sehingga body boat tersebut hangus terbakar.

“Boat yang terbuat dari fiber tersebut hangus terbakar. Beruntung kobaran api cepat dipadamkan oleh para nelayan dan warga setempat sehingga tidak menghanguskan seluruh bodynya,” sebut Camat Isa Ansari.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *