,

Jurusan Geologi Pertambangan di SMK Samadua Tanpa Peminat

SAMADUA – Jurusan Geologi Pertambangan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Samadua, Aceh Selatan mengalami kekosongan siswa sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan dari empat jurusan pendidikan di sekolah vokasi tersebut, kekosongan siswa juga terjadi pada jurusan pemasaran.
 
“Untuk jurusan pemasaran siswa yang ada hanya tinggal 9 orang mereka seluruhnya siswa kelas 3, sedangkan kelas 1 dan 2 kosong. Sementara untuk jurusan geologi pertambangan mulai kelas 1 hingga kelas 3 seluruhnya kosong sama sekali tidak ada siswa,” kata Kepala SMKN 1 Samadua, Drs Saifuddin, Senin 31 Oktober 2016.
 
Kekurangan siswa juga terjadi pada Jurusan Tehnik Komputer Jaringan (TKJ) dan Jurusan Tehnik Gambar Bangunan (TGB). Untuk Jurusan TKJ dari kelas 1 hingga kelas 3 hanya memiliki jumlah siswa sebanyak 49 orang ditambah siswa masuk dari sekolah lain 2 orang sehingga berjumlah 51 orang. Sedangkan Jurusan TGB hanya memiliki siswa sebanyak 39 orang ditambah siswa masuk dari sekolah lain 3 orang sehingga berjumlah 42 orang.
 
“Dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 102 orang tersebut, jelas kami sangat kewalahan dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Karena tidak ada sumber pendanaan di sekolah ini selain berasal dari dana BOS dan iuran komite sekolah,” ungkapnya.
 
Sekolah vokasi yang dinegerikan pada tahun 2007 lalu itu hingga tahun 2016 ini telah melahirkan alumni sebanyak 8 angkatan. Siswanya juga dikirim praktek kerja lapangan ke beberapa perusahaan pertambangan berskala besar baik Aceh maupun luar Aceh.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *