,

Jokowi: Sinergitas Memperkuat Pemenuhan Amanah Rakyat

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan kekompakan setiap lembaga negara akan memperkuat pemenuhan amanah rakyat. Karena itu setiap lembaga negara diharapkan bekerja sama dengan baik.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato kenegaraannya pada Sidang Tahunan MPR 2017 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2017. “Saya yakin dengan kekompakan, dengan sinergi, dengan kerja bersama itu, tidak akan memperlemah tugas dan tanggung jawab konstitusional yang dijalankan oleh setiap lembaga negara, tetapi justru memperkuat kita semua dalam memenuhi amanah rakyat,” ujarnya.

Jokowi melanjutkan, dengan semangat persatuan Indonesia itu, lembaga-lembaga negara justru bisa bekerja dengan lebih baik, bila saling mengingatkan, saling kontrol, saling mengimbangi dan saling melengkapi. Tidak ada satu lembaga negarapun yang memiliki kekuasaan absolut, memiliki kekuasaan yang lebih besar dari lembaga negara yang lain.

“Kita harus menjadikan sejarah sebagai fondasi untuk menatap masa depan. Pelajaran yang sangat penting dari sejarah bangsa kita adalah kemerdekaan bisa kita rebut, bisa kita raih, bisa kita proklamasikan karena semua anak-anak bangsa mampu untuk bersatu, mampu untuk bekerjasama, mampu untuk kerja bersama,” lanjut Jokowi.

Jokowi menilai, ke depan, bangsa Indonesia akan menghadapi tantangan yang tidak ringan, karena akan mengarungi samudera globalisasi, dan berhadapan dengan dinamika perubahan yang sangat cepat.

Jokowi menyadari bahwa belum semua rakyat Indonesia merasakan buah kemerdekaan. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia belum sepenuhnya kita bisa wujudkan. Untuk itu, di tahun ketiga masa bakti Kabinet Kerja ini, Pemerintah lebih fokus untuk melakukan pemerataan ekonomi yang berkeadilan.

“Keadilan sosial harus mampu diwujudkan secara nyata dalam kehidupan segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Rakyat di Aceh harus bisa merasakan pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, pelayanan sanitasi dan air bersih maupun pelayanan transportasi, sama baiknya dengan apa yang dirasakan oleh saudara-saudaranya yang lain di seluruh pelosok negeri,” lanjutnya.

Jokowi juga menginginkan rakyat di perbatasan Papua, bisa memiliki rasa bangga pada tanah airnya, karena kawasan perbatasan telah dibangun menjadi beranda terdepan dari Republik. Rakyat Papua di pegunungan juga harus bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok yang sama dengan daerah lain di Indonesia.

“Kita ingin rakyat Pulau Miangas bisa merasakan kehadiran Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Program Kartu Indonesia Sehat, Program Kartu Indonesia Pintar, dan Program Pemberian Makanan Tambahan untuk balita dan ibu hamil. Kita ingin rakyat di Pulau Rote juga bisa merasakan manfaat pembangunan infrastruktur, lancarnya konektivitas dan turunnya biaya logistik,” tegasnya.[HK/rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *