,

Jembatan Enang-Enang Akan Segera Dibangun

JAKARTA – Untuk memudahkan transportasi ke kawasan Aceh bagian tengah, Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera membangun jembatan di kelok Enang-Enang, Kecamatan Pintu Rime, Kabupaten Bener Meriah.

Hal itu diungkapkan anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez, Sabtu, 16 Desember 2017 di Jakarta. Menurut Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini, proyek jembatan di tikungan Enang-Enang tersebut sudah masuk dalam program Direktorat Jembatan Kementerian PUPR.

“Alhamdulillah apa yang kita perjuangkan selama ini, sudah mendapat respon dari pemerintah pusat. Malah sudah ada tim dari pusat yang turun langsung melakukan survey ke kelok Enang-Enang. Sekarang kita tunggu tindak lanjutnya, semoga cepat direalisasi dalam waktu dekat ini,” jelas H Firmandez.

H Firmandez yang juga anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan menjelaskan, pembangunan jembatan di kelok Enang Enang akan memberikan dampak ganda bagi pembangunan ekonomi masyarakat dataran tinggi Gayo tersebut.

“Setelah jembatan Enang Enang itu dibangun nantinya, maka jarak tempuh ke dataran tinggi Gayo akan lebih singkat. Transportasi ke sana akan jadi lebih mudah, sehingga pengangkutan berbagai komoditas dan logistik dari pesisir ke Gayo dan sebaliknya akan lebih mudah. Ini akan memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi masyarakan Gayo,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, industri pariwisata di dataran tinggi Gayo, baik di Bener Meriah maupun di Aceh Tengah juga akan lebih maju, karena akses transportasi bagi wisatawan jedi lebih mudah.

“Ini juga akan memicu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Tinggal sekarang bagaimana pemerintah setempat membangun infrastruktur penunjangnya,” ujar H Firmandez.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional 1 (BPJN 1) Aceh, Fathurrahman membenarkan bahwa usulan pembangunan jembatan Enang Enang di Bener Meriah sudah masuk dalam program Direktorat Jembatan Kementerian PUPR, malah tim dari Kementerian sudah turun langsung ke Enang Enang beberapa waktu lalu.

“Ya, soal jembatan Enang Enang di Bener Meriah itu sudah masuk dalam program Direktorat Jembatan. Tim dari pusat sudah turun langsung ke sana pada pertengahan November 2017 lalu. Kita berharap pembangunannya bisa segera direalisasi,” harap Fathurrahman.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *