Jelang Pemilu Perekaman E-KTP Melonjak

0
64

TAPAKTUAN – Menjelang pelaksanaan pemilu pada 17 April 2019, jumlah perekam Kartu Tanpa Penduduk Elektronik (E-KTP) melonjak di Kabupaten Aceh Selatan. Sejak Januari – Maret 2019, dari 10.000 keping blanko E-KTP yang disiapkan, saat ini hanya tersisa sekitar 2.000 keping lagi dan sekitar 8.000 keping sudah digunakan.

“Lonjakan masyarakat yang melakukan perekaman E-KTP tersebut mayoritasnya para pemilih pemula,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Aceh Selatan, Iwan Masdi di Tapaktuan, Senin, 8 April 2019.

Menurutnya, masyarakat yang ramai melakukan perekaman E-KTP terhitung sejak bulan Januari 2019 tersebut, rata-rata difasilitasi oleh calon legislatif (Caleg) bersama tim suksesnya masing-masing untuk tambahan dukungan suara. “Rata-rata perhari mencapai 500-600 orang yang melakukan perekaman E-KTP. Jumlah ini jauh melonjak dari hari-hari biasa hanya berkisar antara 200-300 orang,” ungkapnya.

Meskipun mengalami lonjakan sangat signifikan masyarakat merekam E-KTP menjelang hari “H” Pemilu 2019, Disdukcapil tetap mampu melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan secara lancar dan cepat. Hal ini, kata Iwan Masdi, tak terlepas dari kesiapan dan kesigapan sumber daya manusia (SDM) dan peralatan pendukung yang dimiliki dinas tersebut.

“Alhamdulillah, pelayanan tetap lancar dan cepat. Mulai proses perekaman hingga percetakan E-KTP hanya membutuhkan waktu beberapa jam. Sejauh ini jaringan internet pun tak ada gangguan sehingga tak ada kendala saat melayani masyarakat,” tegasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, dalam rangka menghadapi Pemilu 2019, Disdukcapil Aceh Selatan juga tetap membuka aktivitas pelayanan kantor pada hari “H” Pemilu yang jatuh pada hari Rabu 17 April 2019 mendatang. Pelayanan ini berlaku secara nasional seluruh Indonesia menindaklanjuti perintah Kemendagri.

“Langkah ini, memang khusus dilaksanakan demi tetap bisa melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan pada hari “H” Pemilu tersebut,” ujarnya.[HM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here