,

Jelang Meugang, Harga Sapi Naik

BLANGKEJEREN – Menjelang meugang, harga sapi di Gayo Lues naik Rp1 juta hingga Rp2 juta dari harga biasanya. Sapi jantan sedang biasanya dijual Rp8 juta, kini naik menjadi Rp10 juta per ekornya.

Ali salah satu warga Blangkejeren yang sering membeli dan menjual sapi jantan, Selasa, 24 Mei 2016 mengatakan, naiknya harga sapi melonjak dari biasanya. Biasanya harga sapi hanya naik antara Rp 500 ribu hingga Rp700 ribu, baru kali ini kenaikan harga mencapai Rp2 juta.

“Banyaknya kebutuhan daging sapi untuk meugang menyebabkan harga sapi jantan naik hingga Rp 2 juta per ekor. Sapi di Gayo Lues juga tidak mencukupi untuk kebutuhan meugang, biasanya didatangkan sapi Aceh Tengah dan Aceh Tenggara,” jelasnya.

Ali melanjutkan, karena tingginya harga sapi menjelang meugang, pada tahun-tahun sebelumnya malah ada warga yang memotong sapi betina. “Sekarang harga satu ekor sapi bervariasi, yang umurnya di atas satu tahun bisa mencapai Rp9 juta hingga Rp13 juta per ekor, tetapi kalau umurnya sudah di atas dua tahun, harganya bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp28 juta, tergantung jenis sapinya,” jelasnya.

Harga sapi bali atau anak sapi bali yang dikawinkan dengan sapi biasa harganya lebih mahal, dan dagingnya juga lebih banyak jika dibandingkan dengan sapi biasa, selisih harga antara sapi biasa dengan sapi bali bisa mencapai Rp1 juta hingga Rp2 juta.

“Mengurusnya lebih mudah sapi bali, dan harganya juga lebih mahal, jadi sekarang ini kebanyakan warga di Gayo Lues memelihara jenis sapi bali untuk dibesarkan, karena lebih menguntungkan,” ujarnya. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *