,

Jalan Puncak Gemilang Longsor Dua Rumah Warga Rusak

TAPAKTUAN – Badan jalan menuju kompleks perkantoran Puncak Gemilang longsor pada Senin malam, 15 Oktober 2018 sekitar pukul 23.00 WIB setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras.

Bongkahan material tanah longsoran dari atas bukit menghantam dua unit rumah penduduk di Dusun Gunung Durian, Gampong Lhok Bengkuang Timur, Kota Tapaktuan. Rumah yang berada persis di bawah badan jalan yang longsor tersebut masing – masing milik Hablul dan Kaspudin.

Kaspudin, menceritakan saat wilayah itu sedang diguyur hujan lebat pada pukul 23.00 WIB malam, perlahan-lahan sudah mulai jatuh bongkahan tanah material longsoran badan jalan di atas gunung. Saat itu, ia mulai mengevakuasi anak-anak dan istrinya ke rumah tetangga karena memprediksi bakal terjadi tanah longsor.

“Tepat sekitar pukul 24.00 WIB malam, langsung terdengar suara hantaman keras di bagian dapur rumah saya. Hampir seluruh bagian dapur dan ruang makan hancur tertimbun longsor,” ungkap Kaspudin.

Petugas BPBD Aceh Selatan yang diterjunkan langsung pada malam itu bersama warga berupaya menyelamatkan sejumlah peralatan rumah tangga dengan cara diangkut ke luar rumah.

“Jika hujan lebat kembali mengguyur tak tertutup kemungkinan kembali mengakibatkan terjadi tanah longsor lebih parah. Jika hal itu kembali terjadi bisa meratakan seluruh isi rumah kami. Makanya barang-barang yang ada segera kami keluarkan dari dalam rumah,” ujarnya.

Pria yang menjabat Kepala Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Bakongan tersebut mengaku, sejak semalam ia bersama keluarga telah mengungsi dibangunan bekas Kantor Polisi Hutan (Polhut) di Gampong Pasar, Kota Tapaktuan.

“Berdasarkan arahan Kepala KPH wilayah VI Subulussalam, Pak Irwandi. Beliau menyarankan saya agar menempati bangunan bekas Kantor Polhut untuk sementara waktu,” ujarnya.

Kondisi serupa juga dialami Hablul, PNS Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan. Rumahnya yang berkontruksi permanen juga menjadi korban akibat dihantam tanah longsor Senin malam. Bagian dapur rumah tersebut juga porak-poranda seperti dialami tetangganya, Kaspudin. Hablul bersama keluarganya juga sejak Senin malam telah mengungsi ke rumah tetangganya di Dusun Gunung Durian.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *