,

Jalan Pucuk Lembang Amblas, Kenderaan Tidak Bisa Melintas

TAPAKTUAN – Jalan menuju Gampong Pucuk Lembang, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan amblas sepanjang 50 meter dengan lebar sekitar dua meter. Akibatnya kenderaan roda empat tak bisa melintas.

Ketua Satgas SAR Aceh Selatan, Mayfendri memperkirakan badan jalan tersebut sangat rawan kembali amblas karena intensitas curah hujan di wilayah tersebut masih tinggi.

“Badan jalan itu dibangun persis ditebing gunung dan bersisian langsung dengan jurang sangat terjal. Karena tanah di sisi badan jalan terus longsor jatuh ke jurang terjal, secara otomatis mengakibatkan badan jalan amblas,” jelas Mayfendri di Tapaktuan, Jumat, 10 November 2017.

Untuk membuka akses jalan tersebut, masyarakat setempat bergotong royong memperlebar badan jalan secara manual yakni dengan cara mencangkul tanah di kaki gunung. “Namun itu tidak maksimal, badan jalan itu masih tetap rawan,” ungkapnya.

Mayfendri berharap dinas terkait segera menanggulangi bencana tersebut dengan cara mengerahkan alat berat ke lokasi kejadian untuk mengeruk tanah di sisi gunung sehingga bisa dilewati kendaraan roda empat. “Jika persoalan ini tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan mengganggu pasokan bahan makanan untuk masyarakat di sana,” tandasnya.

Longsoran juga terjadi di kawasan Gunung Batu Hampa, perbatasan Kecamatan Pasie Raja dengan Kecamatan Kluet Tengah. Akibatnya, akses transportasi dari Gampong Paya Ateuk, Kecamatan Pasie Raja menuju Gampong Simpang Tiga, Kemukiman Menggamat, Kecamatan Kluet Tengah lumpuh total.

“Ada empat titik terjadi tanah longsor disepanjang badan jalan elak yang menghubungkan Kecamatan Pasie Raja dengan Kluet Tengah tersebut. Sampai saat ini, tumpukan tanah masih menutupi badan jalan,” kata Mayfendri.[HM]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *