Jalan Nasional Blangkejeren-Kutacane Kembali Longsor

0
128

BLANGKEJEREN – Jalan lintas nasional Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues menuju ke Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara kembali longsor di daerah Tetumpun, Kecamatan Putri Betung. Puluhan kendaraan yang hendak melintas terjebak lumpur.

Zul salah satu warga Blangkejeren Selasa, 20 November 2018 mengatakan, longsor terjadi setelah hujan lebat mengguyur daerah itu, dan hingga kini pukul 18:16 WIB masih belum bisa dilintasi kendaraan yang hendak menuju Kutecane maupun sebaliknya.

“Tanahnya turun dari atas pegunungan disertai lumpur dan batu, dan longsor ini bukan kali pertama, bahkan sudah berulang kali terjadi di lokasi yang sama, bahkan hampir setiap musim hujan,” katanya.

Saat dirinya berada di lokasi, Zul mengaku tidak ada melihat adanya alat berat yang disiagakan di lokasi longsor tersebut, dan warga beramai-ramai membantu dorong salah satu mobil yang terjebak di dalam lumpur longsor tersebut.

“Tadi pas saya pulang belum bisa dilewati kendaraan meskipun banyak orang yang dorong, kayaknya tanah gunung akan turun lagi kalau hujan terus turun di daerah itu, apa lagi tidak segera dibersihkan oleh alat barat, bisa-bisa sampai besok badan jalan itu akan tertimbun longsor,” jelasnya.

Daerah Tetumpun memang sudah menjadi langganan longsor di setiap musim penghujan, meskipun sudah berulang kali dibersihkan pihak terkait, tanah gunung itu selalu saja ambruk karena tidak bisa menahan curah hujan yang tinggi.

Zul menghimbau kepada pengendara yang melintasi jalan tersebut agar berhati-hati, sebab tanah gunung itu bisa saja turun mendadak saat tak bisa lagi menahan beban air, “Kalau bisa hindari jalan malam, mungkin kalau siang hari kan nampak dan bisa banyak yang bantu kalau kendaraan tersangkut dilongsoran itu,” himbaunya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here