,

Jalan Lintasan Blangkejeren-Kutacane Longsor

BLANGKEJEREN – Jalan nasional yang menghubungkan ibu kota Gayo Lues, Blangkejeren menuju ibu kota Aceh Tenggara, Kutacane mengalami longsoran di dua titik di kawasan jalan menurun Kacang retak, Punke Jaya dekat SMA N 1 Putri Betung.

Arwin salah satu warga Putri Betung, Kamis, 19 Mei 2016 mengatakan, longsoran tanah gunung disertai batang pohon di jalan lintas nasional itu diakibatkan hujan deras yang terus menerus mengguyur daerah tersebut, sehingga tanah perkebunan warga jatuh ke badan jalan.

“Hingga sekarang masih belum dilakukan perbaikan oleh pihak Projabal atau PPK8 selaku petugas yang memelihara badan jalan itu, namun tadi pagi kami dengar dari warga bahwa sudah ada alat berat yang menuju lokasi longsor,” katanya.

Longsor di dua titik itu kata Arwin tidak menyebabkan arus lalu lintas terganggu. Pengendara harus berhenti ketika berpapasan dengan kendaraan lain yang datang dari berlawanan arah.

“Hingga sekarang tanah gunungnya terus menerus berjatuhan disertai air berlumpur, takutnya jika tidak dengan segera diperbaiki, tanahnya akan menutup semua badan jalan,” ujarnya.

Sebelumnya, salah satu kendaraan sempat tersangkut di lokasi longsor tersebut, namun warga yang melintas beramai-ramai mendorong supaya kendaraan lain bisa dengan cepat melintas. Jalan lintas di Kabupaten Gayo Lues kerap mengalami longsor saat musim penghujan tiba, selain posisi tanah gunung yang berdekatan di badan jalan, kayu-kayu juga sudah banyak yang ditebang.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *