,

Jalan Lintas Nasional di Gunung Ribe Tertimbun Lumpur

TAPAKTUAN – Badan jalan lintas nasional di kawasan Gunung Ribe, Gampong Ladang Kasik Putih, Kecamatan Samadua, Aceh Selatan kembali tertimbun lumpur, Minggu, 26 November 2017. Tebal lumbur mulai dari setengah meter hingga satu meter.

Keuchik Ladang Kasik Putih, Anshar mengatakan, lumpur bercampur tanah warna kuning yang meluber dari bekas galian tanah pembukaan jalan Kampus Politeknik Aceh Selatan (Poltas) menimbun badan jalan lebih kurang sepanjang 200 meter di kawasan Gunung Ribe.

“Badan jalan yang kembali tertimbun lumpur bercampur tanah hari ini mulai dari kaki jalan yang dibuka menuju kampus Poltas sampai depan Mapolsek Samadua serta depan sejumlah rumah penduduk di sekitarnya. Panjang badan jalan tertimbun lumpur ada sekitar 200 meter,” kata Anshar.

Menurutnya, parit (drainase) yang sebelumnya telah dibersihkan oleh puluhan masyarakat setempat saat menggelar gotong royong bersama anggota Polsek Samadua pada Jumat, 24 November 2017, tapi kini kembali tertimbun tanah beserta lumpur akibat hujan deras.

Anshar, meminta kepada Pemkab Aceh Selatan segera membangun gorong-gorong (box culvert) di kawasan Gunung Ribe agar air mengalir dengan lancar ke seberang jalan yang bermuara langsung ke pinggir laut.

Selain gorong-gorong, pihaknya juga meminta Pemkab Aceh Selatan melalui dinas terkait segera memperbaiki kembali saluran drainase di sepanjang pinggir jalan di kawasan Gunung Ribe tersebut yang kondisinya selama ini sudah rusak atau ambruk sehingga menyumbat saluran air.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *