,

Jalan Lesten Kembali Berkubang

BLANGKEJEREN – Meski baru dilakukan pengerasan pertengahan 2016 lalu, kini jalan Lesten, Pining, Gayo Lues kembali rusak. Kubangan lumpur dan becek terjadi hampir sepanjang lintasan menuju daerah terpencil tersebut. Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat berdalih jalan tersebut masih dalam pemeliharaan pihak kontraktor.

Kepala Desa Lesten Karim bersama sekretarisnya, Satarudin, Rabu, 1 Februari 2017 mengungkapkan di beberapa titik badan jalan rusak sangat parah. Bbadan jalan terkikis air di tanjakan, jembatan juga yang belum dibangun.

“Dari Kecamatan Pining menuju desa Lesten dan sebaliknya, jalanya banyak yang menanjak dan menurun, kendaraan kami sangat kesulitan saat menaiki dan menurun gunung karena kerikil (sirtu) yang dipadatkan waktu pengerasan sudah tidak ada lagi, sudah terkikis air,” ungkapnya.

Terkikisnya sirtu di badan jalan tersebut akibat tidak adanya parit di sisi jalan, sehingga air yang mengalir dari tebing langung jatuh ke badan jalan. Akibatnya, jalan berlumpur dan berkubang.

“Begitu juga di dekat pemukiman penduduk, paritnya tidak ada dibangun, sehingga kami warga desa Lesten sepakat menggunakan sebagian anggaran dana desa untuk membangun parit, sekarang sedang dalam proses pengerjaan,” jelasnya.

Karim dan Satarudin meminta kepada Pemkab Gayo Lues agar segera melakukan perbaikan badan jalan yang rusak, serta membangun tiga jembatan di desa Lesten.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gayo Lues Maliki, mengatakan, jalan menuju Lesten itu masih tanggung jawab perusahaan yang mengerjakan proyek pada tahun 2016, sebab, selama 6 setelah pekerjaan selesai masih dalam masa pemeliharaan.

“Kami akan surati pihak perusahaan untuk mengerjakan yang masih perlu dikerjakan lagi, karena kami juga sudah menerima surat dari Kepala Desa Lesten terkait perihal ini, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah diperbaiki oleh perusahaan yang bersangkutan. Kami juga sudah mengangarkan Rp 15 miliar dana untuk pengaspalan jalan tersebut tahun ini,” jelasnya.[Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *