Jalan Blangkejeren – Pining Terancam Putus

0
127

BLANGKEJEREN – Jalan yang menghubungkan Kecamatan Blangkejeren dan Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues terancam putus di kawasan Bur Badak, Kecamatan Dabun Gelang. Longsoran tanah bercampur kerikil nyaris menimbun badan jalan penghubung Gayo Lues dengan Kabupaten Aceh Timur tersebut.

Pudin warga Kecamatan Dabun Gelang, Selasa, 19 Maret 2019 mengatakan, jalan di daerah Bur Badak sudah menjadi langganan longsor ketika musim penghujan tiba, dan dari tahun ke tahun, lokasi tersebut selalu mengalami longsor meskipun setiap kejadian selalu dibersihkan oleh pihak terkait.

“Daerah yang sering longsor itu namanya Kacang Minyak, di situ sering turun tanahnya kebadan jalan, bahkan jalannya sangat susah dilewati. Pengendara terjatuh juga sering di daerah itu karena belum dilakukan pengaspalan ulang oleh pemerintah,” katanya.

Selain tanah longsor, satu unit jembatan di daerah Bur Badak juga nyaris putus. Tanah timbunan jembatan dikeruk air hujan hingga menyebabkan kendaraan tidak bisa berpapasan ketika melintasi jembatan itu, karena lebar jalan hanya tersisa sekitar dua meter lagi.

“Yang ambruk di situ ada sekitar dua meter, di situ kalo berpapasan dengan kendaraan lain harus berhenti dulu, kalau tidak masuk ke jurang jembatan yang dikeruk air, dan kondisi jalan itu sudah lumayan lama tanpa ada perbaikan,” jelasnya.

Ditikungan patah Bur Badak juga terdapat satu lubang besar yang berada di tegah dan samping kanan jalan, setiap pengendara yang melintas selalu “mencuri” jalan hingga kerap terjadi tabrakan ataupun sebagian pengendara terjatuh hingga mengalami luka-luka.

“Kami berharap agar pemerintah memprioritaskan perbaikan jalan dan jembatan ini, supaya tidak ada lagi jatuh korban, sebab yang kami lihat sekarang, tinggal beberapa kilometer lagi yang belum diperbaiki, sedangkan di daerah Genting Kecamatan Pining jalannya sudah diaspal ulang,” harapnya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here