,

Izin Deres Getah Pinus Harus Diperketat

BLANGKEJEREN – Pemerintah diminta untuk mengawasi dan memperketat izin deres getah pinus di Gayo Lues. Pasalnya belakangan penderesan getah dilakukan secara besar-besaran oleh beberapa perusahaan. Dampaknya, pinus terancam mati.

Salihin, warga Blangkejeren, Kamis, 12 Mei 2016 mengungkapkan, penderesan getah pinus yang dilakukan oleh pengusaha tersebar di Kecamatan Kute Panyang, Blangjeranggo, Rikit Gaib, Dabun Gelang dan Kecamatan Pining, hampir seluruh batang pinus yang berukuran sedang sudah dikopek oleh penderes.

“Yang kita khawatirkan hanya satu, yaitu batang pinusnya mati akibat adanya penderesan yang dilakukan oleh perusahaan yang semuanya mengaku telah mengantongi izin, lantas siapa yang akan bertanggung jawab,” katanya.

Masalah penderesan getah pinus di Gayo Lues pernah mencuat saat PT Gabah Dunak yang beroprasi di Kecamatan Blanjeranggo, menderes getah pinus bukan hanya pada batang yang besar, tapi juga pinus kecil ikut dideres. Padahal izin dari Pemkab Gayo Lues untuk perusahaan itu belum ada, hanya saja mereka mengantongi izin dari pemerintah provinsi Aceh. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *