,

Irwandi Yusuf Pesimis Bakal Diusung Nasdem

SAMADUA – Bakal calon (Balon) Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, mengaku sudah pesimis Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan mengusungnya pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Irwandi Yusuf kepada wartawan di salah satu rumah makan di Air Dingin, Samadua, Aceh Selatan, Rabu, 25 Mei 2016. “Kalo partai Nasdem tidak lah, saya sudah lepas. Meskipun mereka berkoar-koar menyatakan siapa yang menang survey itu yang akan diusung, tapi kenyataannya sudah dua kali mereka melakukan survey perolehan suara saya jauh mengungguli bakal calon lainnya, tapi hasilnya tetap juga nihil, omong kosong semua itu,” kata Irwandi Yusuf.

Kehadiran Irwandi Yusuf di tempat tersebut khusus untuk makan siang, setelah melakukan pertemuan silaturrahmi dengan masyarakat di Kecamaan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan setelah itu dia berencana kembali akan menggelar pertemuan silaturrahmi dengan masyarakat di Kecamatan Meukek dan Kecamatan Labuhanhaji Raya, Aceh Selatan.

Irwandi menambahkan, meskipun pihaknya tidak mengharapkan lagi bakal diusung oleh Partai Nasdem, namun dia tetap juga masih menaruh harapan atau ekspektasi yang tinggi terhadap beberapa partai politik nasional dan parpol lokal yang lain, yang bersedia mengusungnya sebagai bakal calon Gubernur Aceh pada Pilkada 2017 mendatang.

Mantan Gubernur Aceh ini mengakui bahwa, pihaknya terus melakukan upaya penjajakan atau melobi beberapa partai politik lokal dan Parpol nasional yang lain selain Partai Nasdem baik melalui pimpinan Parpol di Provinsi Aceh maupun melalui pimpinan Parpol tingkat pusat di Jakarta.

“Kendaraan apa yang akan saya gunakan untuk maju pada Pilkada 2017 mendatang belum final, kecuali Partai Politik Lokal PNA (Partai Nasional Aceh) yang sudah pasti. Sedangkan yang lain baik Parpol lokal maupun Parpol Nasional masih dalam tahap penjajakan,” jelasnya.

Irwandi melanjutkan, meskipun pihaknya masih mengharapkan bakal ada Parpol yang akan mengusungnya, namun untuk memastikan dirinya tetap bisa maju pada Pilkada nanti, ia telah mempersiapkan beberapa opsi lain seperti melalui jalur independen.

“Kalau melalui jalur independen kita sudah sangat siap dan telah mempersiapkannya secara matang. Kita telah membentuk relawan pemenangan di seluruh desa dalam Provinsi Aceh, mereka sudah mempersiapkan kebutuhan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari masyarakat, kapan perlu tinggal kita ambil saja,” tegasnya.

Saat disinggung mengenai bakal calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya, Irwandi Yusuf menyatakan meskipun sudah ada beberapa calon yang telah dipersiapkan tapi sampai saat ini belum ada yang final.

Terkait sosok mantan Sekda Provinsi Aceh, Teuku Setia Budi, yang digadang-gadangkan bakal mendampinginya, Irwandi Yusuf mengatakan, figur Teuku Setia Budi yang merupakan tokoh berasal dari Kabupaten Aceh Utara dan Lhokseumawe tersebut, merupakan pilihan pribadinya.

“Jika saya maju melalui jalur Independen, maka dapat dipastikan calon wakil yang akan mendampingi saya adalah Teuku Setia Budi. Namun yang jadi persoalanya sekarang jika saya jadi maju lewat Parpol. Sebab terkait pemilihan calon wakil gubernur tentu harus di koordinasikan dan dimusyawarahkan dengan Parpol pengusung tersebut. Atas dasar inilah saya nyatakan terkait calon pendamping hingga saat ini belum final sebab masih ada proses yang sedang berjalan,” tandasnya.

Irwandi Yusuf mengklaim bahwa akan mampu memenangi pertarungan Pilkada 2017 mendatang, asalkan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut berjalan secara normal tanpa ada kekerasan dan intimidasi. “Jika pelaksanaan Pilkada nantinya berjalan normal sesuai aturan yang berlaku, saya sangat optimis akan menang,” ujarnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *