,

Irwandi Akan Tetap Usulkan Pembelian 12 Pesawat

BLANGKEJEREN – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengaku akan tetap mengusulkan pembelian 12 pesawat untuk kepentingan pengawasan hutan dan laut. Anggaran pembelian pesawat itu akan direncanakan dalam APBA 2018.

Penegasan itu disampaikan Irwandi Yusuf usai melantik Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues periode 2012-2017, H M Amru dan Said Sani, Selasa, 3 Oktober 2017 di ruang sidang paripurna DPRK negeri seribu bukit tersebut.

“Jumlahnya enam unit, tapi tidak tertutup kemungkinan akan kita beli 12 pesawat sekaligus. Pesawat itu akan dipakai untuk patrol pengawasan hutan dan laut, sebagai tanggungjawab daerah dalam melindungi kawasan. Tahun depan kita beli pesawatnya, jumlahnya antara enam atau 12 unit, kita lakukan yang tidak pernah dilakukan oleh daerah lain, meskipun itu dibilang tanggung jawab nasional, tapi tanggung jawab daerah juga ada,” ujar Irwandi Yusuf.

Menurutnya, menggunakan pesawat untuk patroli akan lebih murah, dalam waktu satu jam saja, BBM yang diperlukan hanya 16 liter dengan jarak tempuh 200 km, sementara jika menggunakan kapal patroli melakukan pemantauan, BBM yang dibutuhkan mencapai 3 ton solar per jam.

“Kalau ada yang bilang biaya perawatan pesawat lebih besar kata siapa, masak ganti oli saja dibilang besar, itu tidak benar jika dikatakan biaya perawatan pesawat besar, murah kok,” ucapnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *