,

Irhafa Manaf Lengser dari Ketua PA Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Ketua KPA/PA Aceh Selatan Tgk Irhafa Manaf lengser dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW PA) Kabupaten Aceh Selatan. Keputusan pergantian Tgk Irhafa Manaf melalui Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswillub) yang berlangsung di Kantor DPW PA Aceh Selatan, Desa Lhok Keutapang, Tapaktuan, Selasa, 20 September 2016.

Muswillub memilih Tgk Aliman Mentroe sebagai Ketua DPW PA Aceh Selatan Pengganti Antar Waktu (PAW) masa bakti 2013-2018. Muswillub yang digelar menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017 tersebut telah mendapat persetujuan (restu) dari Ketua DPA PA yang juga Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf yang menindaklanjuti aspirasi kader dan anggota KPA/PA Aceh Selatan selama ini.

Wakil Ketua I DPW PA Aceh Selatan Tgk Jalaluddin alias Buyong Tangah mengatakan sebagai bentuk persetujuan untuk menggelar Muswillub tersebut, Mualem menunjuk mantan Bupati Aceh Selatan periode 2008-2013 Tgk Husin Yusuf sebagai ketua formatur dengan dibantu empat orang anggota masing-masing Tgk Mukhlis, Tgk Alfarahman alias Agen, Tgk Jasadi dan Tgk Sabirin.

“Penunjukan tim formatur pelaksanaan Muswillub tersebut sebagai bentuk respon atau jawaban dari Mualem menyikapi persoalan yang terjadi di internal DPW PA Aceh Selatan selama ini sehingga mengakibatkan organisasi ini terkesan vakum. Alhamdulilah dengan telah terlaksananya Muswillub secara lancar dan aman semoga DPW PA Aceh Selatan ke depannya bisa lebih maju dan berkembang,” kata Buyong Tangah.

Pelaksanaan Muswillub yang berlangsung secara demokratis tersebut berjalan dengan sistem voting tertutup dimana setiap peserta yang memiliki hak suara mencoblos tanda gambar calon di kertas suara yang disediakan. Peserta yang memiliki hak suara dalam Muswillub tersebut seluruhnya berjumlah 86 orang yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris 18 Dewan Pimpinan Sagoe (DPS) Partai Aceh Kabupaten Aceh Selatan serta 23 Panglima Sagoe dan 23 Uleebalang Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah Lhok Tapaktuan ditambah 4 orang utusan dari DPA PA.

Sesuai AD/ART Partai Aceh, terhadap kandidat calon ketua DPW PA yang akan bertarung dalam Muswillub tersebut dipersilahkan kepada masing-masing wilayah untuk mengusungnya dari hasil penjaringan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Untuk wilayah Kecamatan Trumon Raya dan Bakongan Raya diusung Tgk Muhayat. Wilayah Kluet Raya Tgk Jalaluddin alias Buyong Tangah, wilayah Tapaktuan dan Pasie Raja Tgk Aliman Mentroe serta wilayah Sawang dan Samadua Tgk Dastur. Sedangkan satu wilayah lagi yakni Labuhanhaji Raya dan Meukek yang mengusung T Heri Suheri alias Abu Heri, namun pencalonannya digagalkan oleh tim formatur karena baru diajukan saat berlangsungnya Muswillub.

Dari hasil pemilihan tersebut, Tgk Aliman Mentroe berhasil mengumpulkan 37 suara, di urutan kedua ditempati Tgk Jalaludin alias Buyong Tangah 22 suara, di urutan ketiga Tgk Dastur 19 suara, serta di urutan empat ditempati Tgk Ahyat dengan 6 suara.

Juru bicara (Jubir) KPA Wilayah Lhok Tapaktuan, Tgk Syahrial mengapresiasi atas keberhasilan anggota KPA dan kader PA Aceh Selatan menggelar Muswillub secara aman dan lancar serta demokratis.

Pihaknya juga mendukung penuh atas terpilihnya Tgk Aliman Mentroe sebagai Ketua DPW PA Aceh Selatan menggantikan Tgk Irhafa Manaf. Sebab dengan telah adanya pucuk pimpinan baru di DPW PA Aceh Selatan, maka Tgk Irhafa Manaf dapat lebih fokus konsentrasinya memimpin serta memajukan organisasi KPA wilayah Lhok Tapaktuan.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *