,

IOX Promosikan Wisata Alam Aceh Melalui Offroad

BANDA ACEH – Indonesia Offroad Expedition (IOX) dan Seulawah Expedition ke-2 tahun 2017 menjadi ajang promosi wisata alam Aceh. Olah raga jelajah ini diikuti offroader dari Aceh, Batam, Kisaran, Asahan, Medan dan dua pembalab nasional, salah satunya adalah Sigit Permadi.

Ketua Panitia IOX, Furqan Firmandez menjelaskan, Seulawah Expeditoin ke-2 telah digelar pada tanggal 11 – 14 Mei 2017 dan diikuti 56 offroader jenis mobil dan 22 jenis motor, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 45 unit motor dan mobil.

“Jarak tempuh kali ini sejauh 170 kilo meter mulai dari Banda Aceh dan berakhir di Keumala, Pidie. Pada track kali terdapat berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh para peserta,” jelas Furqan.

Furqan melanjutkan, jalur ke Keumala merupakan salah satu track nasional expedition. Pihaknya selalu mencoba ada track-track baru. Seperti track yang dibuka dari Padang Tiji masuk ke Panca, dari Panca masuk ke Keumala.

“Maanfaat membuka track ini adalah satu-satunya jalan yang dilalui gajah. Track itu nantinya akan bisa digunakan oleh pemerintah untuk membuka jalur baru sebagai tempat wisata alam. Karena kegiatan IOX ini juga sebagai ajang promosi wisata, khususnya wisata alam,” lanjut Furqan.

Furqan mengungkapkan, di beberapa titik jalur yang dilalui, terdapat air terjun besar dengan panorama alam yang indah. Potensi alam tersebut bisa digarap pemerintah untuk pengembangan wisata alam Aceh.

Hal yang sama juga disampaikan Sementara Pangdam Iskandar Muda melalui Kasdam Brigjen Achmad Daniel. Menurutnya, offroader ini adalah suatu olahraga nyali yang sangat baik untuk kesehatan.

“Selain sebagai ajang promosi wisata, yang bisa dibangun dalam kegiatan ini adalah cinta akan lingkungan pada negeri kita. Kita sayang pada Aceh, kalau kita sayang Aceh, yang lingkup besar ini adalah cinta kita pada Indonesia. Dengan harapan, kegiatan ini dapat membangun pariwisata Aceh,” harap Kasdam.

Kasdam berharap tahun depan track bisa diperpanjang hingga tembus ke Danau Lut Tawar Aceh Tengah. Karena dengan begitu juga bisa mempromosikan Dalau Laut Tawar. “Jadi, mungkin ini salah satu cara untuk memperkenalkan Aceh dengan expedisi seperti ini,” tegasnya.

Pembukaan dan pelepasan Seulawah Expedition 2017 di Bang Padang, Kota Banda Aceh, 11 Mei 2017 itu turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Aceh Reza Fahlevi, Pangdam Iskandar Muda yang diwakili oleh Kasdam Iskandar Muda, Perwakilan Polda Aceh, Direktur BRI Aceh, dan beberapa pejabat lintas sektoral.[**]

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *