Investor India Minati Serai Wangi Gayo Lues

0
246

BLANGKEJEREN – Bupati Gayo Lues Muhammad Amru menggelar pertemuan Mahira Group, sebuah group bisnis asal India dalam rapat penerimaan kunjungan investor asal India yang difasilitasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) beberapa waktu lalu di Jakarta.

Amru menjelaskan, dari keterangan anggota Tim Task Force Percepatan Pembangunan Gayo Lues, dari sebelas sektor investasi Mahindra Group, ada yang bisa diinvestasikan ke Gayo Lues. Khususnya, sektor agribisnis,

“Ada banyak peluang investasi dari India yang bisa di bawa ke Gayo Lues. Termasuk, kemungkinan mengekspor serai wangi Gayo Lues ke India. Potensi utama kita memang serai wangi, baru kopi dan terpentin. Dari 34.000 hektar perkebunan serai wangi di Aceh, 17.000 hektar ada di Gayo Lues, dengan demikian kontunuitas produksi serai wangi juga bisa dijaga,” jelas Amru, Rabu, 6 Februari 2019.

Sementara itu, salah seorang pengusaha India dari Mahindra Group, Ishwar R Jethnani mengatakan India memang meminati serai wangi. Ia meminta agar Pemkab Gayo Lues segera menyiapkan kebutuhan dan data investasi. “Perlu juga diberikan kemudahan-kemudahan kepada investor yang mau berinvestasi ke Gayo Lues, selain adanya jaminan keamanan,” katanya.

Menanggapi hal itu Bupati Amri menegaskan, akan segera menyiapkan kebutuhan dan data investasi tersebut. Dalam pertemuan itu Amru didampingin oleh mantan Kepala Bapeda Provinsi Aceh yang juga Ketua Tim Task Force Percepatan Pembangunan Gayo Lues Prof Abubakar Karim. Saat yang bersamaan, Bupati Amru langsung dihubungkan dan berkomunikasi dengan Konsul Jenderal Ekonomi Republik Indonesia di India Yadi Suriahadi.

Pertemuan bisnis itu juga dihadiri oleh M Yunus dari KADIN), Chairum Rahmi dari Kesatuan Masyarakat Madani Indonesia), dan Yusradi Usman al-Gayoni Anggota Tim Pengembangan Kawasan Gayo-Alas dan GAMIFest Kemenko PMK.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here