,

Investor Asing Keluhkan Lamanya Birokrasi Pengurusan Izin

TAPAKTUAN – Para investor asing mengeluh panjang dan lamanya birokrasi pengurusan izin di Indonesia. Seperti disampaikan Environmental and Forestry Advisor PT Trinusa Energi Indonesia, Nur Hidayat.

PT Trinusa Energy Indonesia merupakan sebuah perusahaan swasta nasional yang berencana akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kluet 1 di Kabupaten Aceh Selatan. Perusahaan konsorsium yang bekerjasama dengan investor Tiongkok tersebut akan menanamkan investasinya mencapai Rp 5,6 Triliun untuk membangun PLTA berkapasitas 180 MW.

Nur Hidayat mengatakan, akibat rumitnya dalam pengurusan perizinan tersebut, banyak pihak investor luar negeri yang hengkang dari Indonesia. “Salah satu contoh kasus seperti dialami rekan kami di Palembang, Sumatera Selatan. Sebuah perusahaan swasta Indonesia yang bekerjasama dengan sebuah perusahaan asal Negara Jerman yang juga ingin membangun PLTA, terpaksa membatalkan program yang telah dirancang sejak lama, karena pihak investor asal Jerman tersebut tidak sabar menunggu selesainya proses pengurusan perizinan yang memakan waktu selama bertahun-tahun,” kata Nur Hidayat kepada wartawan di Tapaktuan, Selasa, 31 Mei 2016.

Fakta itu, menurut Nur Hidayat, juga dialami pihaknya selaku investor yang berencana membangun PLTA Kluet 1 di Aceh Selatan. Bayangkan saja, dokument seluruh perizinan sesuai aturan yang berlaku yang sudah mulai dilakukan pengurusan sejak tahun 2015 lalu, menurut perkiraan pihaknya proses pengurusan perizinan mulai tingkat Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh sampai ke Kementerian terkait di Jakarta tersebut, akan menghabiskan waktu paling cepat tiga tahun atau ditargetkan akan selesai pada tahun 2018 mendatang.

Menurut dia, pengurusan perizinan yang menyita waktu cukup lama itu terutama pada proses izin Analisis Masalah Dampak Lingkungan (AMDAL) dan pengurusan perizinan pinjam pakai kawasan hutan lindung kepada Kementerian terkait di Jakarta.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *