,

Inspektorat Temukan Penyimpangan Dana Desa

BLANGKEJEREN – Hasil audit tim Inspektorat Kabupaten Gayo Lues menemukan adanya dugaan penyelewengan dana desa yang dikelola oleh masing-masing kampung, sebagian diantaranya juga telah dikembalikan ke kas daerah.

Kepala Inspektorat Gayo Lues, Jabarudin, Senin, 12 Juni 2017 mengatakan jumlah total dana desa yang diselewengkan belum bisa dipastikan lantaran sedang dalam proses tahapan ekspos.

“Setiap ada temuan, maka harus dilakukan ekspos lagi, apa-apa saja bukti yang menguatkan adanya temuan, kalau memang dana habis, SPJ tidak ada, pekerjaan tidak dilakukan, maka itu sudah menjadi temuan, ada juga sebagian Kepala desa, dana habis SPJ tidak ada, tetapi pekerjaanya ada,” kata Jabarudin.

Salah satu desa yang sedang bermasalah dan sudah ditangani pihak Kepolisian saat ini adalah desa Gumpang Lempuh, Kecamatan Putri Betung, satu daru 145 Kepala desa ini diduga telah menilep dana desa dengan cara membuat SPJ sendiri dan melakukan penarikan uang sendiri dengan cara meniru tanda tangan perangkat desanya yang lain.

“Untuk desa Gumpang Lempuh belum selesai diperiksa, memang sudah diperiksa satu kali, bahkan dari pihak kepolisian juga ada datang meminta hasilnya, namun kami sarankan agar kedesa aja secara langsung,” jelasnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *