,

Ini Alasan DPMK Belum Cairkan Dana Desa

BLANGKEJEREN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Gayo Lues membeberkan sejumlah alasan tidak dicairkanya dana desa untuk Kecamatan Blangkejeren. Selain banyak kesalahan dalam pembuatan APBK-P, disinyalir ada kepentingan pihak tertentu dalam anggaran perubahan.

Kadis DPMK Gayo Lues melalui Kabid Bina Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat Mukim dan Kampung, Dedi Ardian, Selasa, 30 Mei 2017 menjelaskan, dalam Peraturan Bupati Nomor 20 tahun 2015 tentang pengelolaan keuangan Kampung pasal 76, untuk kegiatan kontruksi dapat dibantu oleh personil yang ditunjuk dari dinas teknis terkait.

“Meskipun sudah ada peraturan larangan, kepala desa tetap ngotot bahwa biaya pembuatan desain dan RAB ini harus masuk APBK-P, seperti ada apa-apanya gitu, padahal sudah jelas dalam peraturan itu tidak boleh, jadi kami menyarankan agar dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Permasalahan lain yang mengharuskan kepala desa memperbaiki anggaran adanya harga yang dibuat di atas harga standar. Akibatnya banyak desa yang belum dicairkan dana desa tahun 2017.

“Dari 145 desa yang ada di Gayo Lues, 45 desa sudah dicairkan, karena sudah sesuai dengan peraturan, dan tahun ini sistim pencairana tidak mesti kolektif, satu-satu desapun bisa dicairkan, makanya kalau ada yang bilang belum satu desapun di Gayo Lues yang cair dana desanya, itu bohong,” jelasnya.

Dedi Ardian berharap jika kepala desa ingin segera dicairkan dana desanya untuk pembangunan desa dan pembayaran honor, setiap kesalahan harus segera dilakukan perbaikan tanpa harus menunggu desa yang lainya siap, namun jika ada APBK-P yang diajukan masih tidak sesuai peraturan, anggaran dana desa itu tidak akan bisa ditarik.

Sebagian kepala desa di Gayo Lues tidak bisa menarik dana desanya akibat adanya temuan Inspektorat setempat pada kegiatan dana desa tahun 2016 lalu, sehingga buntut dari temuan itu mengharuskan kepala desa mengembalikan uang temuan tersebut, dan selama uang belum dikembalikan, anggaran dana desa 2017 belum bisa dicairkan.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *