,

Indonesia Ajak Negara ASEAN Kembangkan Industri Maritim

MANILA – Indonesia mengajak negara negara di Asia Tenggara (ASEAN) untuk melakukan pengembangan industri maritim, pelabuhan dan pelayaran, serta pengurangan limbah plastik di lautan.

H Firmandez, anggota delegasi Indonesia dalam sidang umum parlemen Se-Asia Tenggara atau ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-38 di Manila, Filipina, Senin, 18 September 2017 menjelaskan, Indonesia juga mengajak anggota parlemen AIPA untuk memperkuat kerangka hukum nasional mereka mengenai perlindungan lingkungan laut dan pengendalian pencemaran laut.

“Parlemen negara-negara AIPA perlu didorong untuk pengembangan industri maritim, pelabuhan dan pelayaran, serta memprakarsai regulasi di masing-masing negara untuk kebersihan laut, terutama dari limbah plastik,” jelas Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.

Selain itu kata H Firmandez, pengembangan industri maritim, pelayaran dan pelabuhan merupakan bagian dari resolusi yang ditawarkan Indonesia dalam forum parlemen negara-negara Asia Tenggara tersebut.

“Resolusi yang ditawarkan delegasi kita ini sejalan dengan program pemerintah kita yang sedang mengembangkan pembangunan infrastruktur tol laut, untuk konektivitas antar wilayah,” lanjut anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhububangan itu.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *