,

IDI Gelar Operasi Katarak Gratis

BLANGKEJEREN – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan menggelar operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanggir, Gayo Lues. Selama ini penderita katarak di negeri seribu bukit tersebut harus ke luar daerah untuk melakukan operasi.

Ketua IDI Gayo Lues ,dr. Basumi, Rabu, 17 Februari 2016 menjelaskan, saat ini sudah ada 70 orang penderita katarak yang mendaftarkan diri, pendaftaran itu langsung dilakukan warga ke masing-masing Puskesmas terdekat dan RSUD Sangir.

“Operasi katarak gratis ini dilaksanakan IDI bekerja sama dengan Pemkab Gayo Lues dan Perdami Aceh. Kami rencanakan pergelarannya pada Maret atau April, tergantung kesiapan dokter spesialis mata yang kita datangkan dari Banda Aceh,” jelasnya.

Bila ada penderita atau keluarganya yang kurang paham tentang pendaftaranya, Basumi mengatakan bisa langsung melihat spanduk di masing-masing Puskesmas atau menanyakan langsung kepada petugas, setelah mendaftar, keluarga yang akan dioperasi harus meninggalkan nomor ponsel supaya saat jadwal ditentukan bisa segera dikabari.

“Berapapun jumlah penderita katarak akan kita operasi tanpa biaya, dan kami terus melakukan penjaringan hingga ke desa-desa agar sekali melakukan operasi ini bisa semua penderita katarak bisa sembuh,” tegasnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *