,

Ibnu Hasyim Siapkan Perbup Dana Desa

BLANGKEJEREN – Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasyim akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait penggunaan dana desa. Selama ini pedoman tentang penggunaan dana desa di negeri seribu bukit tersebut dinilai belum memadai.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) H Tlaib, Kamis, 10 Maret 2016 saat pembahasan Perbup Dana Desa di Pendapa Bupati. “Selama ini pedoman tentang penggunaan dana desa belum ada, sehingga kita buat semacam Peraturan Bupati tentang penggunaan dana desa yang betul agar masyarakatnya sejahtera,” katanya.

Selain membuat Perbup tentang penggunaan dana desa, operasional, pembangunan tempat Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) dan kantor desa juga ikut dibahas dalam rapat tersebut, sehingga kepada desa tidak bisa sewenang-wenang menggunakan dana desa tanpa arah yang jelas.

“Oprasional boleh diadakan dalam dana desa, begitu juga dengan pembuatan PAUD, tetapi kalau untuk kantor desa, itu tidak dibolehkan mengunakan dari dana desa, terkecuali menyewa dengan syarat tidak ada orang yang menempati rumah yang disewa itu,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Rikit Gaib, Bunyamin mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan utuk penggunaan meunasah sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak.

Seemntara Kepala Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Gayo Lues, Jata SE mengatakan, pengelolaan dana desa harus transparan, dan tujuan diberikan Pemerintah Pusat hanyalah untuk mensejahterakan masyarakat di pedesaan, bukan membangun beronjong sendiri-sendiri. “Itu harus diawasi oleh camat masing-masing,” ujarnya.

Sementara Yusuf HS salah satu anggota DPRK yang menghadiri pembahasan Perbup tentang desa itu mengatakan, ke depan kantor desa harus semuanya dibangun supaya administrasi tentang desa bisa lebih bagus, itupun dilakukan secara bertahap.

Dalam pembahasan Perbup itu, setiap isi yang dinilai kurang tepat langsung dilakukan perbaikan oleh bagian hukum, setelah itu baru di sampaikan ke DPRK untuk dilakukan pembahasan. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *