,

Hutan Pinus Sekitar Kantor Bupati Gayo Lues Terbakar

BLANGKEJEREN – Hutan pinus yang dikelilingi semak belukar di komplek perkantoran Sekretariat Daerah Gayo Lues, Jumat sore, 1 April 2016 terbakar. Akibatnya, batang pinus yang selama ini tumbuh subur jadi layu dan mati.

Kebakaran hutan pinus itu juga mengagetkan sejumlah warga yang tinggal di seputaran komplek kantor Bupati. Pasalnya, api yang membumbung tinggi disertai kepulan asap tebal membuat warga khawatir jika kebakaran itu telah sampai ke kantor pemerintah.

Kantor di sekitar kebakaran itu antara lain Kantot Sektdakab, kantor Dinas Pertanian, Kantor Disperindakop dan Kantor DPRK. “Melihat asap dan apinya kemarin sore, kami menduga yang terbakar bukan hutan, melainkan kantor Bupati yang ada di tegah-tegah hutan pinus itu, tapi setelah kami lihat secara langsung, rupanya yang terbakar hanya hutan disekeliling kompleks perkantoran saja,” kata Budin, warga Blangkejeren, Sabtu. 2 April 2016.

Menurut Budin, semak belukar di bawah hutan pinus kompleks perkantoran Bupati tidak pernah dibersihkan oleh Pemda setempat secara keseluruhan, tetapi yang dibersihkan selama ini hanya sebagian di belakang kantor masing-masing.

Api baru padam setelah mobil pemadam kebakaran membantu memadamkan api dengan cara menyemprot air ke kobaran api. Pantauan wartawan di komplek perkantoran Bupati Gayo Lues, sejumlah pohon pinus yang terbakar mengalami kering di bagian daunnya, dan menyisakan arang di bagian akarnya. Sebelumnya Ketua DPRK Gayo Lues sempat mewacanakan membangun kebun binatang di hutan pinus tersebut. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *