,

Hutan Lindung Leuser Terbakar, 25 Titik Api berhasil Dipadamkan

BLANGKEJEREN – Hutan lindung di kaki Gunung Leuser dan perkebunan serai wangi warga Gayo Lues  terbakat, 25 titik api berhasil dipadamkan. Selama tahun 2018 kebakaran lahan sudah berulang kali terjadi di negeri seribu bukit tersebut. Tapi kali ini yang terparah.

Kepala Satpol PP, WH dan Pemadam Kebakaran Gayo Lues, Irsan Firdaus, Rabu, 29 Agustus 2018 mengatakan, api yang berhasil dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran saja ada berkisar 25 titik dengan luas lahan yang terbakar mencapai 30 sampai 40 hektar.

Lain lagi di kawasan yang tidak memiliki jalan ke lokasi kebakaran hutan maupun perkebunan sere wanggi, kebakaran itu terpaksa dibiarkan saja tanpa bisa dipadamkan apinya. Dan kalaupun ada warga yang berusaha memadamkanya hanya dengan alat manual dengan cara memukul kobaran api atau menyiramkan air menggunakan alat semprot.

“Untuk mobil pemadam kebakaran, kita mengerahkan tiga sampai empat unit setiap terjadi kebakaran lahan maupun hutan, jumlah mobil pemadam yang kita kerahkan itu bergantung dengan situasi di lapangan, kalau memungkinkan tempat penyiramanya, maka semua mobil kita kerahkan,” katanya.

Hampir setiap hari dan malam, suara sirine mobil pemadam kebakaran meraung-raung di pusat kota Blangkejeren untuk menuju kelokasi kebakaran, seperti yang terjadi pada Selasa malam 28 Agustus 2018, kebakaran di dekat perkantoran Bupati Gayo Lues mengundang reaksi warga melihat pemadaman.

Hingga hari ini, kaki hutan Leuser juga masih megalami kebakaran dibeberapa titik, dan asap yang membumbung tinggi tampak jelas dari pusat kota Blangkejeren, dan kebakaran itu mulai terjadi sejak Gayo Lues dilanda kemarau panjang dua bulan yang lalu.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *