,

Hingga Akhir Mei 2017, Dana Desa di Gayo Lues Belum Cair

BLANGKEJEREN – Hingga akhir Mei 2017 dana desa untuk 145 desa dalam 11 kecamatan di Gayo Lues belum ada dicairkan oleh pemerintah daerah setempat. Imbasnya, honor perangkat desa dan kegiatan pembangunan desa yang telah disepakati terpaksa ditunda.

“Sebelumnya kami sudah membuat buku APBKP, dan di dalamnya semua kegiatan yang sudah disepakati dari hasil musyawarah bersama seluruh masyarakat sudah tertampung, namun setelah APBKP itu selesai, datang peraturan lagi yang mengatakan ada sebagian kegiatan tidak boleh didanai oleh dana desa, lalu harus dirombak lahi,” ungkap salah satu kepala desa.

Kepala desa ini mengaku, pembinaan yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Gayo Lues terhadap perangkat desa sangat lambat, sehingga proses pencairan dana desa menghabiskan banyak waktu dan berpeluang tidak bisa ditarik keseluruhanya di tahun 2017 ini.

“Sepertinya ada permainan agar dana desa ini tidak bisa cepat ditarik dari Badan Penggelola Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Gayo Lues, ada-ada saja yang salah, dan ada-ada saja yang harus diperbaiki supaya bisa dicairkan dananya, dan anehnya, sekarang sudah akhir bulan Mei tidak ada satu desapun yang sudah menarik uang dana desa,” jelasnya.

Jika memang perangkat desa tidak bisa mencairkan dana desa kata Kepdes ini, otomatis kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong perlu dipertanyakan.

“Kami mendegar informasi jika nantinya dana desa tahap satu berhasil ditarik di bulan Juni ini oleh seluruh desa, maka diwajibkan untuk menyiapkan SPJ-nya hingga akhir bulan Juli, kan lucu seperti itu, bagaimana orang mau menyiapkan pekerjaan fisik kalau waktu yang diberikan hanya 40 hari,” jelasnya.

Untuk itu, Kepdes ini meminta Kepada Bupati Gayo Lues H.Ibnu Hasim dan anggota DPRK supaya mengigatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong agar tidak mempersulit kepala desa dalam urusan pencairan dana desa demi terciptanya kesejahtraan di masyarakat.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *