,

Higga Hari Kedua Tes, Belum Ada CPNS yang Lulus di Aceh Selatan

Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran menyatakan bahwa hingga hari ke-2 pelaksanaan ujian, dari 500 orang peserta dari pelamar CPNS formasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Aceh Selatan yang telah mengikuti tes, tak satupun yang lewat passing grade, sehingga belum ada yang lulus.

“Sebuah kondisi yang sangat memprihatinkan, hingga hari kedua pelaksanaan ujian belum ada satu orang pun dari Aceh Selatan mampu lewat passing grade,” kata Tgk. Amran seusai meninjau pelaksanaan ujian CPNS di Aula Bappeda, Tapaktuan, Selasa, 6 November 2018.

Yang sangat menyedihkan lagi, ujar Tgk Amran, ada salah seorang peserta dari Aceh Selatan yang telah selesai mengikuti ujian, mampu mengumpulkan nilai TWK 130 dan nilai TIU 85 namun nilai TKP hanya mampu diraih 138 sementara nilai TKP yang ditetapkan adalah 143. “Sebenarnya, anak ini hanya perlu mengumpulkan nilai TKP sebanyak 5 point lagi, tapi apa hendak dikata yang bersangkutan tetap dinyatakan tak lulus,” sesalnya.

Kondisi ini tentu sangat merugikan Aceh Selatan karena akan banyak formasi yang dibutuhkan kosong nantinya. Karena itu, Tgk Amran meminta kepada para peserta tes CPNS dari Aceh Selatan yang akan mengikuti tes hingga tanggal 13 November 2018 mendatang, agar meningkatkan kemampuannya dengan cara memperbanyak belajar sembari berdoa.

Setelah pelaksanaan tes CPNS dari Kabupaten Aceh Singkil selesai digelar beberapa hari lalu, BKN Kantor Regional XIII Aceh, kembali melanjutkan proses ujian terhadap peserta dari Kabupaten Aceh Selatan.

Pelamar CPNS dari Aceh Selatan tercatat berjumlah 4.139 orang, memperebutkan sebanyak 256 formasi yang disediakan Pemkab setempat terdiri dari 240 formasi umum dan 16 orang formasi honorer K2.

Pelaksanaan ujian sistem CAT yang dipusatkan di Aula Gedung Bappeda, Tapaktuan telah dimulai sejak Senin, 5 November 2018. Tes ini direncanakan akan berlangsung selama 9 hari ke depan atau sampai tanggal 13 November 2018.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Pengembangan SDM Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Selatan, Cut Dini menjelaskan, dalam satu hari pelaksanaan tes berlangsung dalam lima sesi, dimana satu sesi berjumlah 100 peserta dengan lama waktu ujian per tahap selama 90 menit.

“Artinya, dalam satu hari proses ujian bisa di ikuti oleh sebanyak 500 peserta,” sebutnya, seraya menyatakan sejauh ini proses pelaksanaan ujian berlangsung aman dan lancar tanpa ada gangguan yang berarti.

Sementara itu di Kabupaten Aceh Singkil, dari sebanyak 4.800 orang lebih peserta yang mengikuti ujian di Aula Bappeda Aceh Selatan, hanya sebanyak 35 orang yang lewat passing grade sehingga lulus CPNS. Padahal formasi CPNS yang dibutuhkan daerah tersebut sebanyak 247 orang untuk mengisi berbagai jabatan.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *