,

HDCI Aceh Ikut Gelar Donor Darah Serentak Se-Indonesia

BANDA ACEH – Organisasi pecinta motor gede Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) menggelar donor darah serentak se-Indonesia dalam rangka ulang tahun HDCI ke-27.

Di Banda Aceh HDCI Aceh menggelar donor darah di Hotel Sulthan, Peunayong, Minggu, 21 Mei 2017. Acara sosial ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh. Lebih 50 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Sementara di tingkat nasional pada hari yang sama donor darah dilakukan HDCI Pusat di Hall Nusantara II, Ice Bsd City, Tangerang. Pada acara donor darah di tingkat pusat juga dilakukan penandatangan kerja sama antara HDCI Pusat dengan PMI Pusat. Nota kesepahaman antara HDCI Pusat dengan PMI Pusat ditandatangani oleh Ketua HDCI Pusat Nanan Soekarna dan Ketua PMI Pusat Ginandjar Kartasasmita.

“Acara donor darah ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, sebagai bentuk kepedulian HDCI terhadap sesama. Sesuai dengan komitmen HDCI agar bermanfaat bagi masyarakat. Setetes darah dari kita sangat berarti bagi saudara kita yang membutuhkan,” ujar Ketua HDCI Aceh, Fariz Reza Firmandez.

Fariz berharap donor darah tersebut bisa menjadi perekat antar sesama, serta menjadi ajang sinergitas dengan berbagai stakeholder di Aceh dalam acara-acara sosial lainnya. “HDCI akan selalu berusaha untuk ikut berpatisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial dalam rangka kepedulian terhadap masyarakat,” tegasya.

Aksi donor darah yang digelar HDCI Aceh ini juga diikuti oleh puluhan personel polisi dan masyarakat dari berbagai profesi. Sebelum donor dilakukan, tensi darah peserta dicek satu persatu oleh tim medis dari PMI Kota Banda Aceh.

“Baru beberapa jam saja donor dilakukan, sudah terkumpul 50-an kantong darah. Kita berharap ini bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang membutuhkan, apalagi untuk pertolongan medis yang mendesak. HDCI Aceh berharap donor darah ini bisa menjadi kegiatan rutin bagi komunitas-komunitas otomotif di Aceh,” harap Fariz.

Sementara itu salah seorang personel Brimob dari Polda Aceh yang ikut mendonorkan darahnya mengatakan, donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ia mengaku sudah empat kali mendonorkan darahnya.

“Ya, sangat berguna untuk kesehatan tubuh, saya sudah empat kali donor darah. Saya yakin kualitas kesehatan akan meningkat setelah donor darah. Masa puluhan tahun hidup darah kita itu-itu aja, jadi perlu didonorkan agar ada penyegaran dalam komposisi darah di tubuh kita,” jelasnya.

Aksi donor darah yang digelar HDCI Aceh ini ikut didukung oleh instansi pemerintah seperti Brimob Polda Aceh, Lantas Polres Banda Aceh. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pengurus Provinsi Aceh, serta organisasi kepemudaan dan mahasiswa.

Beberapa organisasi mahasiswa yang ikut antara lain Economic Otomotif Club (EOC) Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), organisasi Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (Metalik) Fakultas Ekonomi Unsyiah, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Unsyiah, serta beberapa organisasi lainya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *