,

Hasil Penelitian UGM Dua Desa di Tripe Jaya Harus Direlokasi

BLANGKEJEREN – Longsor dan banjir bandang yang sering melanda Desa Uyem Beriring dan sebagian warga Pasir, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues membuat warga harus segera direlokasi. Usulan relokasi telah disampaikan ke pemerintah setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues, Sabri, Jumat, 20 Mei 2016 mengungkapkan, berdasarkan hasil survey dan penelitian yang dilakukan tim dari Fakultas Teknik UniVersitas Gajah Mada (UGM) Bandung, warga Uyem Beriring dan sebagian warga Pasir yang tinggal di dekat sungai harus direlokasi.

“Hasil Laboratoriumnya sudah keluar sebagian, seperti batu dan air, sedangkan hasil Lab untuk tanah belum. Berdasarkan hasil Lab air dan batu yang telah dilakukan penelitian, tanah gunung yang ada di dekat desa Uyem Beriring bakalan kembali terjadi longsor, begitu juga dengan air sungai yang ada di desa Pasir bakalan mengalami banjir bandang,” ungkapnya.

Sabri melanjutkan, pihaknya juga telah meminta kepada tim dari UGM untuk menentukan lokasi yang cocok untuk relokasi warga dua desa tersebut. Saat ini ada 120 Kepala Keluarga (KK) di desa Uyem Beriring dan sekitar 200 (KK) di desa Pasir yang harus dilakukan relokasi.

Sebelum direlokasi, Sabri meminta kepada warga setempat untuk berhati-hati. Apalagi di musim hujan, bila ada tanda-tanda akan terjadi longsor, warga diminta segera melapor ke BPBD. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *