Harimau Jinak Turun ke Pemukiman Penduduk Kluet Timur

0
287

TAPAKTUAN – Seekor harimau terlihat mondar-mandir di kawasan pemukiman penduduk Gampong Paya Dapur Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan, sejak beberapa hari terakhir. Akibat penampakan hewan dilindungi tersebut telah meresahkan warga.

Seorang warga Gampong Lawe Sawah, Jamal (35) menuturkan, saat ia bersama rekan-rekannya berkendara menggunakan mobil di ruas jalan Pintu Angin Gunung Sikorong pada Jum’at 23 November 2018 sekira pukul 18.00 WIB, mereka sempat melihat harimau itu sedang mondar – mandir dipinggir jalan.

Bahkan kemunculan harimau di kawasan pergunungan itu sempat mereka foto dengan kamera Hp android dari dalam mobil. “Kami melihatnya sekitar pukul 18.00 WIB dan sempat kami foto,” tutur Jamal kepada wartawan di Tapaktuan, Minggu, 25 November 2018.

Sejauh ini belum diketahui dari mana datangnya harimau yang tiba – tiba saja muncul di tengah pemukiman penduduk itu. Warga di sana mengaku heran dengan kehadiran seekor Harimau dimaksud. Soalnya, “Raja Hutan” yang sering terlihat itu berbeda dengan Harimau lainnya. Khusus “Nenek” yang satu ini sangat jinak berbeda dengan harimau pada umumnya.

“Harimau di wilayah Kluet Raya biasanya sangat ganas-ganas sehingga jika telah muncul di pemukiman penduduk akan ada warga yang jadi korban dimangsanya. Tapi kehadiran Harimau yang satu ini sangat berbeda. Buktinya hingga saat ini belum terdengar informasi dimangsa manusia dan hewan. Bahkan menurut cerita beberapa warga, mereka sering dibuntuti oleh Harimau ini ketika hendak ke kebun, seperti sengaja mengawal,” ungkap warga Gampong Sapik, Hasrizal.

Ia mengatakan biasanya ketika Harimau turun ke pemukiman penduduk, pasti ada ternak yang dimakan. Tetapi kali ini tidak ada laporan ada ternak milik warga dimangsanya. “Bahkan begitu jinaknya, warga bisa dapat mengambil foto Harimau tersebut dari dekat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Resort BKSDA Aceh Selatan Wirli membenarkan seekor harimau
berkeliaran di kaki Gunung Sekorong. Untuk mengetahui aktivitas harimau dikawasan itu, Tim BKSDA dibantu Muspika Kluet Timur telah memasang kamera pengintai.

“Sekarang kami lagi di lokasi untuk kembali memasang camera pengintai untuk mengetahui aktivitas harimau di kawasan pergunungan itu,” pungkasnya.[HM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here