,

Harga Minyak Serai Wangi Anjlok

BLANGKEJEREN – Harga minyak serai wangi Gayo Lues yang sebelumnya berkisar antara Rp 160 ribu hingga Rp 170 ribu per kilogram, kini anjlok menjadi Rp 145 ribu hingga Rp 140 ribu per kilogram.

Husin, salah satu petani serai wangi, Rabu, 11 Mei 2016 mengatakan, turunya harga sangat mempengaruhi jumlah serai wangi yang akan disuling warga secara tradisional, sebab, warga hanya mau melakukan penyulingan saat harga normal. “Kalau harga seperti sekarang, kami rugi menyuling, banyak selisih harganya,” jelasnya.

Menyuling serai wangi bukanlah perkara yang mudah, selain harus memotong daun dan menyiapkan alat penyulingan, kayu bakarnya harus dibeli dengan harga yang sangat mahal. Jika dihitung dalam satu liter minyak, biaya yang harus dikeluarkan warga untuk upah mencapai Rp 60 ribu hingga Rp 80 ribu.

“Winyak serai wangi adalah barang exspor, tapi yang kita sangat herankan, di saat dolar naik, kok harga minyak serai malah turun. Kayaknya ada yang mempermainkan harga,” duga Husin.

Karena itu, Husin meminta kepada pemerintah untuk menstabilkan harga minyak serai wangi, agar tidak ada pihak yang mempermainkan harga. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *