,

Harga Daging di Aceh Selatan Capai Rp170 Ribu Per Kilo

TAPAKTUAN – Menjelang meugang puasa 1437 H, harga daging di Kabupaten Aceh Selatan melonjak naik hingga Rp 170 ribu per kilogram. Puasa Ramadhan sebelumnya hanya naik antara Rp 140 ribu hingga Rp 150 ribu.

Safral, seorang pedagang daging di Aceh Selatan mengatakan, tingginya harga daging pada meugang puasa tahun 2016 ini dipicu akibat naiknya harga kerbau dan sapi yang mencapai Rp 25 juta hingga Rp 30 juta per ekor.

“Tahun lalu harga satu ekor kerbau masih berkisar antara Rp 15 juta sampai Rp 20 juta. Namun pada meugang puasa tahun 2016 ini telah melonjak mencapai Rp 25 juta hingga Rp 30 juta. Dengan harga sebesar itu telah memaksa para pedagang harus menjual daging mencapai Rp 170 ribu per kilo,” jelasnya.

Menurutnya, harga sebesar Rp 170 ribu itu merupakan kondisi H-1 menjelang datangnya meugang puasa. Sementara, pada puncak datangnya hari meugang yang jatuh, Sabtu, 4 Mei 2016 diprediksi harga tersebut masih berpotensi naik mencapai Rp 180 ribu.

Melonjaknya harga daging menjelang datangnya bulan puasa tahun 2016 ini, mengundang keprihatinan DPRK Aceh Selatan. Melonjaknya harga daging tersebut tidak terlepas dari kurangnya peran Pemkab Aceh Selatan melalui dinas terkait untuk menekan harga.

“Seharusnya, dinas terkait turut terlibat dalam menekan harga daging sebab Presiden Joko Widodo juga telah meminta agar harga penjualan daging menjelang datangnya bulan puasa tahun 2016 ini sekitar Rp 80,000 kilogram, tapi sayangnya harga penjualan daging justru mengalami kenaikan mencapai dua kali lipat di Aceh Selatan,” kata anggota DPRK Aceh Selatan, Alja Yusnadi.

Karena itu, Alja meminta kepada Pemkab Aceh Selatan melalui dinas terkait segera mengambil peran dalam rangka menekan harga penjualan daging setiap datangnya hari meugang, baik dengan cara menyediakan hewan dalam jumlah banyak maupun meningkatkan pengawasan terhadap kesehatan hewan yang akan dipotong oleh masyarakat.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *